Xiaomi Powerbank vs Xiaomimi Powerbank

Itikad baik dalam melakukan jual beli tentunya diharapkan oleh kedua belah pihak, penjual mengharapkan pembeli membayar dengan nilai yang sudah disepakati dan pembeli mendapatkan barang yang diinginkan (baik fisik maupun kualitasnya).

Powerbank Xiaomi terutama kapasitas 10.400mAH termasuk barang yang peminatnya cukup tinggi karena faktor harga terjangkau, spesifikasi tinggi dan ulasan-ulasan berbagai pihak tentang kualitasnya yang baik. Sayangnya stok yang tersedia dari penjual resminya saat ini melalui situs Lazada Indonesia sering tidak tersedia. Hal ini tentunya mendorong konsumen untuk mencari tempat lain dimanakah dapat membelinya.

Salahsatu yang tampaknya menawarkan Xiaomi Powerbank 10.400 mAh adalah situs jakartanotebook tetapi perlu diperhatikan lagi karena terdapat ketidakkonsistenan pada penulisan nama produknya.

Tampilan jakartanotebook.com yang memajang foto powerbank Xiaomi

Tampilan situs diambil pada tanggal 7 November 2014

Tautan pada situs jakartanotebook menulis Xiaomi tetapi ketika dibuka penamaan produk tertulis Xiaomimi.

Selain itu bila turun ke bawah pada bagian spesifikasi akan terdapat keterangan sebagai berikut:

Keterangan powerbank Xiaomimi OEM

Tampilan situs diambil pada tanggal 7 November 2014

Definisi OEM menurut jakartanotebook:

OEM atau Original Equipment Manufacturing merupakan sebutan untuk produk yang bukan merupakan keluaran dari pabrik asli seperti merek terlampir namun dibuat oleh pihak ketiga yang mana diyakini oleh salah satu supplier kami adalah produk original yang dibuat oleh pabrik tersebut untuk pabrik asli merek terlampir.

Silakan bandingkan dengan definisi OEM selazimnya yang saya kutip dari wikipedia

Original equipment manufacturer (OEM) is a term used when one company makes a part or subsystem that is used in another company’s end product. The term is used in several ways, each of which is clear within a context. The term sometimes refers to a part or subassembly maker, sometimes to a final assembly maker, and sometimes to a mental category comprising those two in contrast to all other third party makers of parts or subassemblies from the aftermarket.

In the first usage, the OEM is the company that makes a part that is marketed by another company, typically as a component of the second company’s own product. For example, if Acme Manufacturing Co. makes power cords that are used on IBM computers, Acme is regarded as the OEM of the power cords.

In the second usage, OEM refers to companies like value-added resellers, which are the second manufacturer in the definition above. If, for example, Hewlett-Packard sells circuit boards to Acme Systems for use in Acme’s security systems, H-P refers to Acme as an OEM.

In the third usage, OEM is a mental category for all of the makers involved when a final assembly was first built (originally equipped)—in contrast to whoever made aftermarket parts that were installed later. For example, if Ford used Autolite spark plugs, Exide batteries, Bosch fuel injectors, and Ford’s own engine blocks and heads when building a car, then car restorers and collectors consider all of those brands as OEM brands, in contrast to aftermarket brands (Champion plugs, DieHard batteries, Kinsler fuel injectors, and BMP engine blocks and heads). This can mean that Bosch injectors are considered OEM parts on one car model and aftermarket parts on another model.

Pada definisi OEM menurut jakartanotebook terdapat bagian kata-kata bukan merupakan keluaran dari pabrik asli seperti merk terlampir tetapi di bawahnya terdapat merk Xiaomimi, yang semakin membingungkan. Apakah maksudnya produk inipun bukan merupakan merk Xiaomimi melainkan hanya OEM dari Xiaomimi?

Penjelasan produk terlihat mengambil materi dari spesifikasi resmi pada situs Xiaomi dengan modifikasi pada beberapa bagian seperti pada bagian spesifikasi teknis tertulis 10400mAh Real Capacity 8000mAh. Contoh lain perbandingan antara situs jakartanotebook dan Xiaomi:

Tampilan spesifikasi powerbank Xiaomimi pada website jakarta notebook

Tampilan situs diambil pada tanggal 7 November 2014

Sementara pada situs resmi Xiaomi:

Tampilan spesifikasi powerbank Xiaomi pada website resmi Xiaomi.

Tampilan situs diambil pada tanggal 7 November 2014

Pada produk yang sampai ke tangan konsumen menggunakan logo yang sama dengan logo mi sementara pada buku manual dan bagian belakang produk terdapat tulisan xiaomi.com (Yang merupakan situs resmi Xiaomi sebelum beralih ke alamat mi.com).

Logo Xiaomi pada powerbank Xiaomimi "OEM"

Alamat website Xiaomi pada powerbank Xiaomimi "OEM"

Konsumen yang tidak teliti dan jeli bisa terkecoh apabila mengharapkan produk asli Xiaomi karena berakhir dengan Xiaomimi (Xiaomimi “OEM”), hal ini terjadi pada teman saya yang terpaksa kecewa ketika akhirnya mengetahui bahwa produk yang mereka terima bukanlah powerbank asli Xiaomi.

Apakah dengan menulis Xiaomimi di penamaan produk dan kuitansi disertai keterangan mengenai OEM dan tambahan spesifikasi Real Capacity 8000 mAh hanya untuk dijadikan alasan ketika menghadapi konsumen yang protes/kecewa?

Hasil penelusuran di Internet saya menemukan surat pembaca pada situs kompas dari Rizki Priyono tentang Powerbank Xiaomi 10400mAh OEM dari jakartanotebook, pembahasan di forum kaskus tentang powerbank Xiaomi dari jakartanotebook dan powerbank Yoobao dari jakartanotebook.

Kesimpulan akhirnya dari berbagai informasi yang saya uraikan di atas, bila anda ingin mendapatkan powerbank Xiaomi 10.400MaH sudah jelas tidak akan didapatkan dari situs jakartanotebook karena yang mereka jual adalah powerbank yang mereka klaim bermerk Xiaomimi (pada situsnya secara tidak konsisten) dengan penampilan fisik menyerupai powerbank Xiaomi 10.400 mAh.

Tulisan pada beberapa situs lain tentang powerbank Xiaomi 10400mAh palsu (fake):

miui.com – [Tips & Tutorials] [Updated] Fake Xiaomi Power Bank & How to check! ( Please take note! )
oizoioi.com – 10 Steps to check if your Xiaomi Powerbank is Fake
gizchina.com – How to tell if your Xiaomi power bank is fake
lazada.co.id – Perbedaan Power Bank Xiaomi Asli dan Palsu 


profile-avatar Vicong
Menulis apapun yang dianggap menarik.

Respons

Ada 5 respons untuk “Xiaomi Powerbank vs Xiaomimi Powerbank”.

  1. tya

    saya juga ketipu, ketika minta refund mereka jelaskan kalau itu oem. pengalaman pertama belanja di jaknot dan buruk.

  2. big A

    iya gan, hati-hati beli barang di jakartanotebook. mendingan di lazada yg udah jelas” jd mitra xiaomi 😀

  3. Azkal Fata Herzasha

    saya juga merasa tertipu, apakah kasus ini bisa di ajukan ke YLKI ?

  4. Agus Suharianto

    Untuk teman-teman jangan beli disana pelayanannya meyebalkan, saya bukan sekedar ngomong saya punya bukti. Gini ceritanya, awalnya saya bertransaksi online dengan jakarta notebook dengan kode TPLND. Memang barang dikirim sampai rumah tapi dalam keadaan rusak, setelah itu saya coba konfirmasi melalui telepon terus dia menyuruh mengembalikan barang tersebut kejaknot untuk ferifikasi klaim garansi.
    Jadi saya mengembalikan barang tesebut kejaknot sesuai dengan perintahnya. Tetapi setelah satu minggu nggak ada respon, saya coba komfirmasi melalui telepon karena kalau cuma dengan email tidak pernah ditanggapi. Tetapi setelah saya komfirmasi dia bilang bagian servis sedang sibuk dan dia bilang suruh telpon dilain waktu saja. Setelah saya komfirmasi lagi dia bilang seperti itu-itu saja akhirnya sampai sekarang barang saya belum ada kejelasannya.
    Jadi saya begitu kecewa dengan jakarta notebook ini, saya share supaya teman-teman tidak mengalami nasib seperti saya. Jadi saya tidak setuju kalau jakarta notebook dikatakan toko online aman dan terpercaya, dan teman-teman kalau masih belum percaya coba google jakarta notebook penipu nanti kamu akan tau sendiri.

  5. yudi sunandar

    Tapi aku beli microSD strontium 32gb asli ah…
    Kapasitasnnya bener 30gb. N ada logo hologram originalnya di jaknot saya beli 117rb. Liat” di toko lain kaya toped lazadut hargannya lebih mahal beberapa puluh ribu. Low saya cermati lagi ya. Seengga y c’yoko dah bilang nh di ket y bilang nh bukan prodak asli xiaomi, dari penamaan saja dah jelasin ko ket y low th kan bukan original xiaomi. Saya kira jaknot dah transparan ko. Di kasih tulisan xiaomimi. Lah kalian za yang pada bodoh dari harga juga dah ketahuan n dari penamaan za dah jelas. Seengga y no bli apa” th tanya” dulu. Jangan asal maen beli… tuh mah salah kalian sendiri yang dah ketipu

Beri Respons