USB Hub Berkualitas

USB Hub mudah ditemui di pasaran, tetapi yang berkualitas cukup sulit dan memang mahal harganya. Maksud berkualitas di sini adalah mampu menangani perangkat USB yang boros daya sekaligus pada semua port tanpa masalah.  

USB Hub biasa yang banyak beredar di pasaran saat ini amat beragam merk dan spesifikasinya, dari segi jumlah port dapat mudah ditemui yang memiliki 2 port hingga 10 port baik yang dilengkapi adaptor listrik maupun tanpa adaptor listrik. USB hub biasa tidak menemui banyak masalah ketika dioperasikan dengan perangkat USB yang tidak boros daya seperti flashdisk dan card reader atau perangkat USB yang memiliki pasokan daya sendiri seperti printer dan hardisk eksternal 3.5″ tetapi akan berbeda ceritanya ketika dioperasikan untuk perangkat USB yang boros daya tanpa adaptor listrik. Contoh dari perangkat USB boros daya  tanpa adaptor listrik antara lain modem 3G/EVDO, hardisk eksternal 2.5″ dan bitcoin mining stick. Perangkat boros daya ini banyak yang membutuhkan arus lebih dari spesifikasi resmi USB 2.0 sebesar 0,5A bahkan ada juga perangkat yang kebutuhannya bisa melampaui spesfikasi resmi USB 3.0 yang sudah jauh lebih besar yaitu 0,9A.

USB Hub berkualitas - BAFO USB 2.0-Hub 4 ports

Hardisk 2.5″, Modem EVDO dan Flashdisk (BAFO USB 2.0-Hub 4 ports)

Untuk perangkat boros daya berbasis chip ketika besar arus yang disuplai tidak terpenuhi perangkat menjadi tidak dapat bekerja atau sering mengalami error tetapi kecil kemungkinan perangkat akan mengalami kerusakan permanen. Tetapi lain ceritanya pada hardisk eksternal 2.5″ karena hardisk merupakan perangkat mekanik ketika pasokan daya (arus) kurang dari yang dibutuhkan bukan saja hardisk tidak dapat bekerja atau mengalami error, potensi hardisk mengalami kerusakan permanen menjadi cukup besar. Konsumsi arus listrik pada hardisk bergantung pada beban kerja serta merk dan tipe hardisk, xbitlabs pada 2010 melakukan penelitian pada banyak hardisk 2.5″ yang beredar di pasaran saat itu hasilnya konsumsi arus listrik pada saat awal dinyalakan (start) semua hardisk yang mereka teliti berada di kisaran 0.77A – 1,01A jelas nilai terendah pun sudah melampaui spesifikasi USB 2.0.

Beberapa siasat dilakukan oleh vendor hardware untuk memfasilitasi perangkat boros daya, banyak vendor motherboard/pc/laptop sejak beberapa tahun terakhir sengaja memberikan kemampuan port USB 2.0 pada perangkatnya melampaui 0,5A per port ditambah saat ini sudah berangsur-angsur pindah ke standar USB 3.0. Sementara vendor hardisk eksternal/enclosure 2.5″ awalnya banyak yang memberikan kabel USB 2.0 yang membutuhkan 2 port USB (kabel Y) tetapi saat ini seiring makin hematnya konsumsi daya hardisk penggunaan kabel yang lebih pendek dirasa mencukupi dan lebih praktis. Perlu diperhatikan agar berhati-hati memilih kabel untuk hardisk eksternal 2.5″, seorang teman mencoba mengganti kabel bawaan yang dianggap terlalu pendek dengan kabel yang lebih panjang malah berakibat hardisknya mengalami kerusakan.

Kabel Mini USB 2.0 Y

Kabel Mini USB 2.0 Y

Inilah mengapa untuk mereka yang sering mengoperasikan perangkat USB boros daya cukup banyak sementara port USB bawaan komputer/laptop sudah habis USB Hub yang berkualitas menjadi penting. Bagaimana cara memastikan apakah sebuah USB Hub berkualitas atau tidak? USB Hub berkualitas pasti memiliki adaptor listrik sendiri, perhatikan nilai Ampere yang tertera untuk Hub dengan standar USB 2.0 pastikan nilai yang tercantum minimal 0,5A x jumlah port sementara pada Hub dengan standar USB 3.0 minimal 0,9A x jumlah port. Cari review di internet spesifik terhadap merk dan tipe USB Hub tersebut dan kompabilitas dengan perangkat yang kita miliki juga patut diperhatikan.

Beberapa USB Hub berkualitas yang saya temui beredar di pasaran Jakarta

USB Hub berkualitas - Targus 7-Port USB 2.0 Desktop Hub ACH81US

Targus 7-Port USB 2.0 Desktop Hub ACH81US (dengan Adaptor 4A)

USB Hub berkualitas - Aten 4 Port USB 2.0 Hub UH275

Aten 4 Port USB 2.0 Hub UH275 (dengan adaptor 2,6A)

Saya pernah memiliki BAFO 4 Port USB 2.0 hub dengan adaptor 2,6A tetapi menurut distributor BAFO di Jakarta saat ini mereka sudah tidak memiliki stok produk tersebut, sementara menurut distributor Aten produk Aten UH275 masih tersedia demikian pula dengan Targus ACH81US.

Untuk USB 3.0 Hub saya sempat melihat ada beberapa merk yang sudah beredar sayangnya belum sempat memastikan berapa nilai ampere pada adaptornya apalagi menggunakannya. Beberapa USB 3.0 Hub tersebut antara lain BAFO USB 3.0 Hub 4 port, Buffalo USB 3.0 Hub 4 port, Transcend USB 3.0 Hub 4 port, Targus Armor USB 3.0 Hub 4 port & 7 port. Selain itu saya juga pernah melihat USB 3.0 Hub merk Orico berbagai tipe/jumlah port yang beberapa tipenya cukup direkomendasikan di forum bitcoin

Catatan: foto istimewa (foto paling atas) sumber dari @hasant yang pernah dikirim ke milis Kampung Gajah

Pranala luar:

en.wikipedia.org – USB

bitcointalk.org – Which USB hub to use with Block Erupters | NanoFury NF1 | BPMC Red Fury? A List


profile-avatar Vicong
Menulis apapun yang dianggap menarik.

Respons

Ada 2 respons untuk “USB Hub Berkualitas”.

  1. Komentator

    Makasih infonya, susah cari referensi ttg USB hub yang bagus. BTW kalau merk kdLinks recommended ngga(sy pernah liat di ebay)?

  2. CyberuZ CruzeR

    Makasih infonya gan, sangat membantu sekali. Menurut agan, USB Hub merk RBT (yg logony kelinci) bagus gk tuh? Soalny saya beli yg 4 port dngn plat kuningan, masih suka gk kedetect di PC.

Beri Respons