Solusi Masalah Scanner Tidak Terdeteksi pada Adobe Photoshop CS5

CanoScan LIDE 100Sudah jadi kebiasaan saya untuk melakukan scanning melalui photoshop,  walaupun memang sebetulnya untuk melakukan scanning bisa lewat software bawaan dari scanner, tapi karena pertimbangan praktis agar setelah scan bisa langsung edit akhirnya kebiasaan deh sampe sekarang kalo scanning pasti lewat photoshop.

Selama ini tak pernah ada masalah baik itu pada instalasi photoshop maupun scanner sampai akhirnya beberapa hari lalu saya menginstall ulang OS komputer termasuk software-software yang biasa saya pakai termasuk photoshop tentunya, nahh.. pas giliran photoshop saya putuskan untuk menginstall photoshop terbaru yaitu Adobe Photoshop CS5 dan akhirnya selesailah ritual instalasi kompie kesayangan.

Masalah pun akhirnya muncul ketika saya akan melakukan scanning seperti biasa lewat photoshop… bah!! tak ada menu untuk CanoScan LIDE 100 pada submenu import (saya menggunakan scanner Canon LIDE 100). Waduhhh.. bingung bin pusing… mana kerjaan deadline ditunggu customer lagi.. Akhirnya selidik punya selidik, ternyata versi terbaru photoshop tidak lagi menyertakan dukungan untuk Twain 32 secara resmi sehingga untuk mengenali perangkat dengan driver Twain seperti scanner dibutuhkan plug in yang diinstall manual ke folder instalasi plugin photoshop, tapi jangan khawatir gak susah kok..

Nahh.. buat yang punya masalah sama seperti saya download dulu plug-in twain32-nya disini : “Twain Plug-In Photoshop gak usah takut ada virus.. ini resmi dari adobe kok.

Hasil downloadnya berupa file “zip” : PSCS5OptionalPlugins_Win_en_US.zip – kalau sudah di download ekstrak file tersebut yang hasilnya adalah folder dengan nama yang sama. Selanjutnya buka folder tersebut dan akan terlihat subfolder “Optional Plug-Ins”, buka subfolder tersebut kemudian buka subfolder “Win32” dan akan ditemukan file : “Twain_32.8BA” (Adobe sementara hanya mendukung Windows 32 bit untuk plug in twain).

Selanjutnya copy file “Twain_32.8BA” ke folder instalasi plugin adobe photoshop, kalo di pc yang saya pakai lokasinya disini : “C:Program FilesAdobeAdobe Photoshop CS5.1Plug-insAutomate”

That’s it..!! tinggal co-pas aja tanpa proses instalasi apapun lalu saya buka photoshop dan… Yaayyyy!!! scanner sudah terdeteksi dengan lancar dan akhirnya”back to the business” kerjaan bisa dilanjuut lagi deh. sekian dulu dari saya..

C U next time and wassalaam..


Respons

Ada 15 respons untuk “Solusi Masalah Scanner Tidak Terdeteksi pada Adobe Photoshop CS5”.

  1. Tatang

    Waw,,, mantabz mas bro…
    kemana aja mas bro ko jarang upld artikel?

  2. Abu Izzy

    weheheee… hampura alias mohon maap jarang update artikel.. maklumlah namanya jadi kuli serabutan jadi jadwal kerjanya gak jelas alias sibuk teu puguh.. he..he..

  3. Bagus Cilik

    Yang versi coreldraw ga ada bro?? Corel X5 ku tidak mendeteksi scanner…

  4. Ujang Abdul

    akhirnya nemu juga kebetulan banget gw gak bisa scan pake sotosop cs5. thanks ya broo..
    @bagus.. Gw pake corel X5 gk ada masalah tuh cuy.. coba lo instal ulang lagi scannernya.. ato jangan2 lo yg gak bisa pake corel ya.. 😀

  5. ian

    pake 64-bit juga bisa gan…

  6. Saputra

    nuhun cuy infona membantu psan……………

  7. Wawan

    Wow sangat membantu gan,,you so help my problem,,big thankz to you and your article..

  8. oneto

    mantep bgt gan ..ni sangat membantu sy.makasih bgta yaaa

  9. Anonymous

    makasih gan. artikelnya sangat membantu

  10. Rofi Rocketz

    WAH sipp BRO… tankz infonya.. sangat membantu …nice

  11. nanank

    makasih info’ya … jaza kumullah khoiron katsir

  12. Robby Saputra

    tolong bantuannya, printer saya tidak bisa untuk scanning. saat saya tekan tombol scan malah muncul kotak dialog seperti bertuliskan ini ..
    “printer maintenance is in progress. scan after it complete. code 2,114,0.”
    seperti itu, tolong bantuannya pecahkan masalah.
    terimakasih.

  13. scan sile 25 ga bisa baca.. gimana ya

  14. kalau buat 64bitnya ada gak mas

Beri Respons