Sinyal Hilang pada Smartphone Samsung Galaxy Young CDMA

Beberapa hari yang lalu, Samsung Galaxy Young CDMA (SCH-i509) saya ini tiba-tiba tidak bisa digunakan untuk menelepon dan ditelepon maupun SMS. Awalnya saya anggap biasa saja, karena memang operator CDMA yang saya gunakan yaitu Esia terkadang mengalami gangguan sinyal. Ditambah lagi di lokasi-lokasi tertentu sinyal Esia ini terkadang sangat lemah atau kadang-kadang tidak ada sama sekali. Sampai pernah beberapa kali saya dimarahi orang 😀 karena katanya handphone saya tidak aktif, padahal handphone saya selalu diaktifkan karena memang saya sering perlu akses internet. Kalaupun dimatikan hanya pada malam hari sampai pagi saja dengan memanfaatkan fitur otomatis mati/nyala (Auto power on/off) bawaan Samsung Galaxy Young. Makanya saya sudah maklum kalau handphone saya tiba-tiba tidak bisa dihubungi, meskipun saya agak aneh juga karena jaringan Esia di area rumah saya terhitung bagus.

Gejala yang saya temukan pertama kali adalah ketika diberitahukan orang rumah bahwa nomor handphone saya tidak bisa dihubungi baik ditelepon ataupun di-SMS .Kemudian saya cek dengan mencoba menelepon ke telepon rumah, ternyata tidak bisa tersambung dan malah muncul tulisan “Mobile network not available.” (Jaringan mobile tidak tersedia). Saya juga coba menghubungi beberapa nomor handphone, dan hasilnya tetap sama.

Smartphone android tidak bisa menelepon

Percobaan menelepon nomor telepon rumah, tidak bisa.

Lalu saya coba dengan mengirimkan SMS sampai berkali-kali, tapi tidak bisa juga dan muncul peringatan “Currently unable to send your message. It will be sent when the service becomes available.” (Tidak dapat mengirim pesan. Pesan akan dikirm saat layanan tersedia.).

Smartphone android tidak bisa mengirim SMS

Percobaan mengirim SMS, juga tidak bisa

Saya coba fungsi penerimaan SMS melalui fasilitas Info Balance (pengecekan sisa pulsa), untuk meminta SMS keterangan sisa saldo pulsa. Sampai sekarang pun juga tidak ada respons.

Smartphone android tidak bisa menerima SMS

Permintaan SMS keterangan sisa pulsa pun tidak bisa.

Setelah saya tunggu beberapa hari, ternyata handphone saya ini masih tidak ada sinyal. Dan saya baru sadar ternyata tanda baris sinyal pada layar berubah menjadi tanda “tidak ada” (simbol lingkaran bulat dicoret), padahal seingat saya biasanya kalaupun tidak ada sinyal simbolnya kosong atau tidak ada baris.

Perbedaan tampilan simbol dengan sinyal normal dan sinyal mati pada smartphone Android

Perbedaan tampilan simbol dengan sinyal normal dan setelah sinyal mati

Kemudian saya cek pada menu Settings -> About Phone -> Status. Dan ternyata banyak informasi tentang yang berhubungan dengan sinyal yang keterangannya tidak ada kejelasan. Meskipun saya tidak mengerti dengan pasti maksud dari tiap-tiap keterangan tersebut, tapi dari keterangannya berhubungan dengan jaringan/sinyal yang tidak tersedia seperti  Mobile Network Type: Unknown, Service state: Out of service, Mobile Network state: Disconnected, Signal Strength: -111 dBm 0 asu. Hanya keterangan “ASU” 😀 terakhir ini yang saya sedikit mengerti setelah baca artikel di situs Kaibits software dan Tested.com, “0 asu” ini artinya sinyal sangat-sangat lemah.

Smartphone android status tidak ada sinyal

Keterangan jaringan & sinyal pada menu status perangkat smartphone

Tapi meskipun sinyal mati, tapi untuk fungsi internet (via Wi-fi) berjalan normal. Saya coba membuka browser, ternyata bisa terhubung dengan internet dan semua baik-baik saja. Aplikasi Whatsapp pun berfungsi dengan selayaknya, saya bisa menerima dan mengirim pesan seperti biasanya. Berarti kesimpulannya masalah ini hanya di cakupan jaringan seluler.

Smartphone android tidak ada sinyal tapi internet masih bisa

Smartphone tidak ada sinyal tapi internet masih bisa berjalan normal

Kecurigaan saya pertama kali mendapati masalah hilang sinyal ini adalah mungkin ada kerusakan pada smartphone Android saya ini, atau mungkin ada error pada software-nya. Hal ini saya perkirakan karena Samsung Galaxy Y ini pernah mengalami masalah restart berulang (bootloop) tapi masih bisa diatasi tanpa perlu factory reset ataupun cara lainnya, hingga saya pikir sepertinya kali ini mungkin harus di-reset. Ditambah lagi perangkat ini memang sudah pernah beberapa kali jatuh dan kehujanan, meskipun setelahnya tetap berfungsi normal. Yang saya khawatirkan adalah kemungkinan ada komponen perangkat yang mengalami kerusakan akibat jatuh atau terkena air.

Dari beberapa artikel yang saya baca, masalah hilangnya sinyal pada perangkat smartphone itu sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal baik dari sisi perangkatnya maupun dari operator jaringan. Beberapa penyebab sinyal hilang tersebut antara lain seperti penyetelan jaringan yang salah, kerusakan hardware (misalnya akibat terjatuh atau korslet), kerusakan software (misalnya akibat aplikasi atau kesalahan mengutak-atik perangkat), sinyal operator tidak tersedia atau tidak stabil akibat terganggu faktor cuaca ataupun memang dipadamkan dari pihak operator seluler. Tapi saya sementara ini beranggapan bahwa masalah “tidak ada sinyal” ini ada hubungannya dengan kerusakan pada perangkat handphone-nya karena pernah mengalami beberapa kali masalah.

Setelah browsing beberapa artikel dan forum, saya menemukan beberapa alternatif cara untuk mengatasi masalah hilangnya sinyal pada smartphone Android (daftar referensi ada di bawah). Saya pun mencoba satu-persatu dari tips yang saya temukan tersebut, di bawah ini daftar solusi mengatasi sinyal hilang di Android yang bisa dicoba dan cara ini berlaku secara umum untuk smartphone Android tipe apa saja.

  1. Periksa baterai

    Cek kondisi baterai apakah masih baik atau tidak. Jika terlihat kondisi baterai sudah tidak baik misalnya fisiknya kembung, hal ini bisa menyebabkan baterai lemah atau mengalami penurunan daya. Jika daya baterai turun drastis bisa berpengaruh kepada kinerja penerimaan sinyal. Solusinya bisa dengan mencoba mengganti baterai dengan yang masih bagus kondisinya dan di-charge sampai penuh.

    Kondisi fisik baterai Samsung Galaxy Young CDMA

    Kondisi fisik baterai Samsung Galaxy Young CDMA terlihat masih oke. - Foto/gambar oleh: riftom

    Tampilan fisik batre Samsung Galaxy Young CDMA original

    Tampilan fisik batre Samsung Galaxy Young CDMA original. - Foto/gambar oleh: riftom

    Baterai Samsung Galaxy Young CDMA keadaan normal tidak kembung

    Keadaan baterai Samsung Galaxy Young CDMA masih normal dan tidak kembung. - Foto/gambar oleh: riftom

    Baterai Samsung Galaxy Young CDMA di-charge sampai penuh 100%

    Baterai Samsung Galaxy Young CDMA di-charge sampai penuh 100%. - Foto/gambar oleh: riftom

    Selain itu juga status kondisi baterai yang terdeteksi oleh perangkat Android bisa dilihat melalui menu yang bisa diakses dengan kode *#*#4636#*#* pada dialer (menu untuk menelepon), kemudian akan muncul beberapa menu. Pilih menu Battery Information, dan lihat pada baris Battery Health.

    Keterangan Battery Info Samsung Galaxy Young CDMA

    Keterangan pada Battery Info Samsung Galaxy Young CDMA.

    Karena kondisi fisik baterai saya rasa masih bagus dan dilihat dari keterangan Battery Health: Good, saya hanya men-charge perangkat handphone saya sampai terisi 100% dan saya coba restart. Setelah handphone menyala kembali, ternyata tetap tidak ada sinyal. Cara ini tidak berhasil mengatasi sinyal hilang di handphone saya.

  2. Mengganti pilihan penerimaan jaringan

    Mengganti pilihan jaringan bisa dengan mengakses menu Settings -> Wireless & Networks -> Mobile Networks -> Network Mode.

    Selain itu juga ada cara alternatif jika menu Network Mode tidak tersedia di menu tadi (sepertinya di Android jadul seperti punya saya ini memang tidak tersedia). yaitu dengan memasukkan kode *#*#4636#*#* pada dialer seperti pada cara sebelumnya. Masuk ke menu Phone Information, lalu scroll ke bawah dan cari pilihan Set Preferred Network Type. Dengan cara ini, jika sudah memilih mode jaringan jangan lupa untuk menekan tombol Turn off radio setelahnya. Kemudian tunggu sebentar dan tekan kembali tombol Turn on radio. Langkah ini maksudnya untuk me-reset penerimaan jaringan.

    Pilihan jaringan yang tersedia pada menu ini antara lain GSM only, GSM Preferred, GSM Auto, WCDMA only, WCDMA Preferred, WCDMA Auto, CDMA only, CDMA Preferred, CDMA Auto, Evdo only, GSM/CDMA Auto, dll tergantung dari tipe smartphone dan jenis jaringan yang didukung.

    Untuk operator GSM bisa dicoba dipilih GSM Only atau WCDMA Preferred. GSM only berarti hanya menggunakan jaringan GSM saja, karena biasanya jaringan GSM ini yang paling luas jangkauannya di Indonesia dan biasanya dengan mode GSM only sinyal kemungkinan besar akan terdeteksi. WCDMA Preferred artinya memprioritaskan jaringan WCDMA (3G HSDPA), tapi jika tidak ada jaringan HSDPA maka akan digunakan jaringan GSM.

    Karena saya menggunakan CDMA maka saya coba pindahkan ke jaringan CDMA only, tapi sayang sekali setelah beberapa kali saya coba masih juga tidak berhasil. Karena penasaran, saya coba satu-satu pilihannya termasuk GSM only dan semua tidak berpengaruh sama sekali. Sinyalnya masih tetap hilang dan belum kembali. 😀

  3. Masuk ke mode penerbangan

    Selanjutnya saya coba dengan mengaktifkan mode penerbangan (Flight Mode) atau istilah lainnya mode terbang (Airplane Mode), semua aktifitas yang berhubungan dengan sinyal akan mati ditandai dengan hilangnya ikon sinyal berganti dengan ikon pesawat terbang. Tunggu beberapa menit, dan masuk kembali ke mode normal dengan mematikan mode penerbangan ini. Hal ini sepertinya dimaksudkan untuk me-restart penerimaan sinyal jaringan. Meskipun caranya gampang, tapi jika belum tahu caranya bisa lihat langkah-langkahnya pada artikel Mengaktifkan Mode Penerbangan (Flight Mode) pada Smartphone Android. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi yang otomatis mengaktifkan dan kemudian mematikan mode penerbangan hanya dengan sekali klik. Setelah saya coba beberapa kali dengan cara manual, ternyata cara ini juga gagal mengatasi masalah sinyal pada Samsung Galaxy saya.

  4. Lakukan Factory Reset

    Proses Factory Reset ini adalah mengembalikan keadaan smartphone (setting, data, dsb) ke bawaan pabrik atau pada keadaan semula sebelum diaktifkan. Jadi dengan proses ini yang di-reset bukan hanya fungsi yang mengatur sinyal, tapi seluruh sistem pada smartphone kita. Untuk itu, jika masih ada data di dalam handphone harap dipindahkan (backup) terlebih dulu karena proses ini akan menghapus semua data pada memory internal. Untuk melakukan proses ini silakan simak detail langkah-langkahnya menggunakan smartphone saya pada artikel Factory Reset pada Samsung Galaxy Young SCH-i509.

    Setelah saya lakukan Factory Reset, saya agak sedikit senang karena isi handphone saya bersih seperti baru. Selain itu, dengan factory reset ini saya sangat berharap masalah-masalah pada handphone ini tidak akan muncul lagi. Tapi alangkah kecewanya saya ketika saya tengok ke arah ikon sinyal, ternyata sinyal masih juga tidak muncul. Untuk kesekian kalinya saya masih tidak berhasil mengatasi masalah ini. 🙁

  5. Periksa SIM Card

    Sebelum saya mencoba cara yang lebih rumit, berikutnya saya coba dulu hal sederhana ini: memeriksa kartu SIM. Selain ada kemungkinan seperti posisi kartu yang tidak tepat atau bergeser, saya pun dulu pernah mengalami gangguan jaringan (sebelum menggunakan smartphone) akibat kerusakan kartu SIM. Nah, teringat akan hal itu, maka saya cek dulu kartu SIM-nya kalau-kalau memang sudah usang dan harus dilakukan penggantian ke Gerai Esia.

    Pertama saya buka casing belakang dan baterai Samsung Galaxy Y saya ini. Kemudian saya cabut SIM card yang terpasang dan saya periksa keadaan fisiknya barangkali sudah tidak bagus. Tapi dari penglihatan saya sih keadaannya masih relatif baik, maksudnya tidak ada goresan yang parah atau retak. Paling hanya tanda goresan pada lempengan kuning yang memang biasa ditemukan pada SIM card yang sudah dipakai karena tergesek pin pembaca SIM pada handphone. Tapi meskipun begitu, saya coba sedikit bersihkan untuk menghilangkan noda yang mungkin bisa mengganggu fungsi SIM card tersebut. Setelah dibersihkan, saya masukkan kembali pada slot SIM pada handphone kemudian baterai serta casing saya pasang kembali. Begitu saya nyalakan handphone saya tersebut, hal ini tidak berpengaruh apa-apa pada masalah sinyal yang hilang.

    Karena masih penasaran, saya mencoba memindahkan SIM card Esia tersebut ke handphone lain untuk memastikan apakah masalah sinyal ini ada pada perangkat handphone atau pada SIM card. Tadinya saya berniat meminjam smartphone lain kepada teman atau saudara, tapi saya tidak berhasil menemukan karena sudah jarang yang menggunakan operator CDMA. Kebetulan saya teringat bahwa saya masih menyimpan handphone jadul yang dulu saya pakai sebelum berpindah ke perangkat Android yaitu Motorola W150 CDMA, dan saya berharap semoga masih bisa difungsikan. Setelah membongkar-bongkar tumpukan barang-barang lama saya, akhirnya ketemu juga HP antik saya tersebut. Setelah saya bersihkan dari debu-debu yang menempel, saya coba charge baterainya menggunakan desktop charger karena charger aslinya sudah hilang entah kemana. Setelah saya rasa baterainya cukup, saya coba nyalakan handphone tersebut dan untungnya masih bisa dinyalakan.

    Saya langsung pindahkan SIM card Esia yang terpasang pada Samsung Galaxy Y saya ke Motorola W150 tadi. Dan setelah dinyalakan.. jreng jreng jreng.. ternyata di handphone ini pun, kartu SIM Esia ini tidak ada sinyal, ditandai dengan tulisan “mencari…” pada layarnya. Saya tunggu sampai beberapa lama, saya pikir siapa tahu handphone jadul ini memang agak lama untuk membaca SIM card atau mendeteksi sinyal karena sudah lama tidak dipakai. Tapi setelah sekian lama saya tunggu, status sinyalnya masih tidak berubah dan akhirnya saya lepas kembali SIM card Esia untuk dipindahkan kembali ke smartphone saya. Nah, ketahuan sekarang bahwa ternyata masalah tidak ada sinyal ini kemungkinan besar disebabkan dari SIM card atau masalah dari operator seluler-nya. Dengan ini saya pun berniat untuk mengecek SIM card saya ke Gerai Esia untuk memastikan jika SIM card-nya sudah tidak berfungsi dengan baik dan harus diganti.

  6. Install ulang perangkat smartphone

    Sederhananya, install ulang atau biasa disebut proses flash ini adalah meng-install ulang sistem operasi Android yang terpasang pada smartphone kita. Saya tidak jadi mencoba cara ini karena selain langkahnya agak rumit dan juga dari kesimpulan pada hasil pemeriksaan SIM card, kemungkinan tidak ada masalah pada perangkat smartphone saya. Tapi nanti kalau ada kesempatan mungkin akan saya coba untuk flashing perangkat Android saya dan akan saya uraikan langkah-langkahnya.

  7. Periksa kerusakan komponen smartphone

    Seperti solusi install ulang sistem operasi, cara ini juga tidak jadi saya lakukan karena kemungkinan perangkat smartphone saya tidak bermasalah. Hal ini juga karena proses ini paling sulit dan beresiko tinggi jika tidak dilakukan oleh yang berpengalaman. Meskipun ada beberapa artikel yang membahas langkah-langkahnya, tapi proses ini saya katakan sulit karena harus melibatkan proses bongkar-bongkar hardware dan pastinya memerlukan peralatan pendukung untuk melakukannya. Cara ini juga beresiko tinggi karena jika terjadi kesalahan bisa menyebabkan kerusakan permanen pada komponen perangkat atau bahkan perangkat mati total. Kalau saya pribadi lebih baik urusan ini diserahkan pada ahlinya saja yaitu tukang servis. Nanti baru akan saya coba kalau sudah cukup nekad dan sudah rela kehilangan smartphone jika kesalahan fatal terjadi. 😀

Karena usaha saya untuk mengatasi masalah ini tidak ada yang berhasil ditambah juga dengan percobaan menggunakan handphone lain juga ternyata tetap tidak ada sinyal, saya akhirnya mempersempit kemungkinan bahwa ini bukan masalah pada perangkat smartphone saya tapi dari SIM card-nya atau jaringan Esia-nya memang sedang bermasalah. Saya pun bertanya kepada salah seorang teman yang juga memakai operator seluler Esia mengenai masalah sinyal mati ini. Dan ternyata teman saya pun mengalami hal serupa, meskipun nomornya masih aktif tapi sejak beberapa hari yang lalu di handphone dia pun tidak ada sinyal katanya. Menurutnya, terakhir dia mengecek sinyal Esia masih baik-baik saja, tapi sekarang kacau juga. Akhirnya saya mengambil kesimpulan kembali bahwa masalah ini memang dari operator Esia-nya, dan saya pun mengurungkan niat ke Gerai Esia untuk mengecek kemungkinan kerusakan SIM card.

Saya tunggu lagi beberapa hari untuk memastikan dan mencari teman lain yang siapa tahu juga menggunakan Esia untuk saya tanyai. Akan tetapi karena sudah jarang yang memakai operator CDMA terutama Esia, maka saya mulai mencari informasi di internet siapa tahu ada yang mengalami hal serupa. Dan setelah browsing kesana-kemari, nah barulah saya menemukan banyak sekali petunjuk mengapa Esia akhir-akhir ini tidak ada sinyal dan banyak sekali yang mengalami masalah serupa. Dan ternyata penyebabnya adalah Bakri Telecom (perusahaan yang mengelola Esia) sedang bermasalah dan terancam bangkrut, sodara-sodara! Ya ampun, kenapa tidak ada pemberitahuan ya.. atau sayanya yang kurang update.. Saya sudah pusing oprak oprék handphone, eh ternyata yang bermasalah operatornya. 😀 Hahahah..

Kalau begitu ya sudahlah, sudah terlanjur Samsung Galaxy Young saya acak-acakan tapi masalah sinyal hilang ini tidak selesai juga karena memang masalahnya bukan pada perangkat smartphone-nya. Mudah-mudahan permasalahan ini bisa menambah ilmu saja untuk kita semua. Kalau ada yang mau menambahkan pengalaman serupa atau mungkin ada tips lainnya, jangan sungkan untuk berbagi pada kolom respons di bawah. 🙂

 


Respons

Ada 5 respons untuk “Sinyal Hilang pada Smartphone Samsung Galaxy Young CDMA”.

  1. Saya juga melakukan analisis yang cukup mendalam tentang permasalahan ini pak.. dan saya menemukan jawabannya setelah saya melakukan flashback jauh ke tahun 80-an. Masalah terbesar bagi “Bakri” adalah karena dia masih melaju dengan menggunakan sepeda kumbang di jalan berlubang seperti masih di jaman jepang.. itulah menurut saya permasalahan yang paling mendasar yang harus diselesaikan. saran saya untuk “Bakri” sebaiknya mulai upgrade jangan pake sepeda kumbang lagi minimal pake motor bebek pak.. kalau perihal jalan berlubang itu masalah laten yang hingga kini masih belum selesai pak, perlu itikad baik dari para “stakeholder” untuk menyelesaikan masalah ini. maaf pak saya sudah terlalu jauh ngacapruk di web bapak.. semoga tambah yahuud webnya, amiin.

    1. Ahahahah… iya akhirnya Bakri sekarang “standing dan terbang”…

      Ngga apa2 ngacapruk juga, yang penting doanya itu… Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin…. 😆

  2. Kalo permasalahan sms tidak terkirim tahu gak gan? padahal pulsa ada dan udah cek pengaturan lainnya, tp tetep aja gagal pas kirim sms mungkin agan ada solusinya?

    1. Wah, kalau masalah SMS tidak terkirim belum pernah tuh. Tapi nanti kalau ada informasi pasti saya tulis disini.

  3. Adhi K.

    Betul, sekarang Esia sudah tidak ada layanan..

Beri Respons