Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Restart Terus Menerus

Sejak saya membeli Samsung Galaxy Tab 2 7.0″ (GT-P3110) ini pada Juni 2013 lalu, perangkat ini bekerja baik-baik saja dan tidak pernah mengalami permasalahan yang berarti. Masalah yang pernah beberapa kali saya temui mungkin hanya hang ketika menjalankan aplikasi yang agak ‘berat’ (biasanya sih game), dan itu pun bisa diatasi hanya dengan me-restart perangkat ini dan selanjutnya berjalan normal. Aplikasi tersebut biasanya tidak saya jalankan lagi dan langsung saya hapus saja.

Tapi sudah beberapa hari ini, Samsung Galaxy Tab 2 7.0 saya ini mengalami restart terus-menerus, tanpa bisa dimatikan. Permasalahan ini berawal ketika saya sedang memainkan game Dino Hunter, kalau tidak salah waktu itu sudah sampai level-level akhir (di tempat gunung berapi). Pada waktu itu memang perangkat ini sudah menunjukkan gejala seperti sempat beberapa detik respon yang lambat (lag), tapi saya tetap meneruskan permainan karena selebihnya berjalan lancar (kendala ini juga pernah saya alami dengan game Deer Hunter, permainan dari pembuat game yang sama dan gameplay yang sama pula). Tetapi, kemudian perangkat ini tiba-tiba saja shutdown sendiri dan me-restart, dan mulai dari sinilah kejadian restart ini berulang terus-menerus.

Setiap kali me-restart, perangkat akan kembali booting dari awal, berjalan seperti biasa (masuk ke dalam home) tapi hanya bertahan tidak sampai 1 menit dan kembali me-restart sendiri. Ketika saya berusaha untuk mematikan dengan menekan tombol power agak lama pun, perangkat hanya mati sebentar lalu kemudian lagi-lagi menyala sendiri. Saya pun coba mematikan dengan men-shutdown perangkat ketika berada pada menu home karena ada waktu beberapa detik sebelum me-restart sendiri, dan perangkat berhasil dimatikan tapi tetap saja me-restart kembali.

Karena usaha saya untuk mematikan perangkat ini tidak berhasil, saya langsung saja mencari informasi mengenai permasalahan ini. Saya searching di Google dan menemukan beberapa tulisan di forum dan blog yang membahas mengenai masalah restart berulang-ulang pada Samsung Galaxy Tab, terutama tipe yang saya gunakan ini (Galaxy Tab 2 7.0″). Menurut beberapa tulisan tersebut, masalah seperti ini memang umum dijumpai terutama pada perangkat dengan OS Android bukan hanya tablet tapi juga perangkat smartphone. Namun hal ini juga tidak menutup kemungkinan bisa menimpa perangkat lain seperti perangkat dengan sistem operasi iOS (produk keluaran Apple) atau bahkan pada perangkat komputer. Istilah untuk masalah seperti ini disebut boot loop. Penyebab boot loop ini ada beberapa kemungkinan, diantaranya berhubungan dengan RAM atau media penyimpanan yang tidak memadai, kesalahan pengguna dalam instalasi atau mengutak-atik perangkat, file system atau file aplikasi yang rusak, dan virus/malware.

Saya menduga penyebab kasus yang saya alami berhubungan dengan RAM atau media penyimpanan yang terlalu penuh, karena masalah ini berawal dari game yang menyebabkan lag dan ditambah space pada storage perangkat tersebut sudah penuh sesak 😀 . Untuk kemungkinan kesalahan karena mengutak-atik perangkat saya rasa tidak mungkin, karena perangkat tablet ini belum saya oprek dan semuanya masih bawaan pabrik.

Dari berbagai referensi saya menemukan beberapa kasus yang sama dan cara yang berhasil untuk mengatasi masalahnya. Berikut ini beberapa alternatif cara yang bisa dicoba untuk mengatasi permasalahan Samsung Galaxy Tab yang me-restart terus-menerus (boot loop), diurutkan dari yang termudah sampai yang tersulit (paling besar resikonya):

  1. Charge baterai sampai penuh

    Ketika perangkat sedang me-restart, sambungkan pada charger seperti proses charging biasanya kemudian tekan tombol power agak lama kurang lebih 6-7 detik atau sampai perangkat mati. Dengan cara ini perangkat akan mati dan tidak akan restart lagi tapi akan masuk pada mode pengisian baterai atau charging (ditandai dengan gambar baterai yang melakukan pengisian). Begitu baterai sudah terisi penuh, perangkat akan berjalan normal kembali seperti biasanya (referensi dari sini dan sini).

    Charging - Samsung Galaxy Tab 2 7" (GT-P3110)

    Proses charging baterai pada Samsung Galaxy Tab 2 7″ - Foto/gambar oleh: riftom

    Cara ini memang yang paling mudah dan hampir tidak ada resiko, tapi sayangnya saya tidak berhasil menggunakan cara ini. 🙁

  2. Wipe cache partition

    Cara berikutnya adalah dengan masuk pada mode recovery dan memilih menu “Wipe cache partition”. Mode recovery dapat diakses dengan cara menekan tombol power dan tombol volume up secara bersamaan ketika perangkat mulai restart (menampilkan logo Samsung Galaxy Tab). Tahan kedua tombol ini selama beberapa detik sampai logo Samsung Galaxy Tab menghilang dan kemudian muncul lagi untuk kedua kalinya, lalu lepaskan kedua tombol tersebut. Jika berhasil, maka perangkat akan menampilkan recovery mode dengan beberapa menu di dalamnya. Keterangan dan gambar screenshot lebih jelas bisa dilihat di artikel recovery mode pada Samsung Galaxy Tab 2 7.0.

    Jika berhasil masuk ke mode recovery, gunakan tombol volume down untuk menggerakkan pilihan ke bawah dan pilih menu “Wipe cache partition” kemudian tekan tombol power untuk mengeksekusi menu tersebut.

    Menu "Wipe cache partition" pada mode recovery Samsung Galaxy Tab 2

    Pilih menu “Wipe cache partition” kemudian tekan tombol power. - Foto/gambar oleh: riftom

    Tunggu sampai prosesnya selesai dan akan muncul keterangan teks berwarna kuning di sudut kiri bawah layar:

    Proses "Wipe cache partition" selesai pada mode recovery Samsung Galaxy Tab 2

    Proses “Wipe cache partition” selesai. - Foto/gambar oleh: riftom

    Setelah prosesnya selesai, pilih menu “reboot system now” dan tekan tombol power kembali untuk mengeksekusi menu tersebut maka perangkat akan me-restart.

    reboot system - recovery mode

    Menu “reboot system now” pada mode recovery. - Foto/gambar oleh: riftom

    Jika cara ini berhasil, maka perangkat Galaxy Tab akan berjalan normal seperti biasa (referensi dari Golfdriver97).

    Tapi kali ini juga saya masih belum beruntung, karena cara ini belum berhasil menyelesaikan masalah pada perangkat Samsung Galaxy Tab saya. 😥

  3. Wipe data/factory reset

    Alternatif cara lainnya yang bisa dicoba yaitu dengan melakukan factory reset. Maksud dari perintah ini adalah menyetel ulang keadaan perangkat seperti semula, sesuai bawaan pabriknya. Jadi, harap diperhatikan jika akan melakukan hal ini, pastikan data-data dalam perangkat sudah di-backup sebelumnya, karena dengan melakukan factory reset ini maka semua data yang tersimpan di dalam media penyimpanan pada perangkat akan otomatis terhapus.

    Nah, karena cara-cara sebelumnya belum berhasil juga, akhirnya saya harus coba cara ini meskipun agak malas juga membayangkan konsekuensi kehilangan data. Meskipun sebenarnya saya tidak pernah menyimpan data yang sangat penting pada perangkat ini, tapi yang saya khawatirkan adalah kehilangan catatan-catatan kecil yang sering saya simpan pada memo yang memang saya gunakan untuk menghemat penggunaan memory otak 😀 .

    Proses factory reset ini dapat dilakukan dengan masuk ke mode recovery (sama seperti cara sebelumnya), kemudian pilih menu “Wipe data/factory reset” dan tekan tombol power untuk mengeksekusi perintah menu tersebut.

    Android System Recovery - Menu "Wipe data/factory reset"

    Menu “Wipe data/factory reset” pada mode recovery. - Foto/gambar oleh: riftom

    Akan muncul pertanyaan konfirmasi untuk menghapus data-data user, pilih “Yes — delete all user data” untuk melanjutkan proses ini dan tekan tombol power lagi untuk mengeksekusi perintah menu tersebut.

    Samsung Galaxy Tab 2 7.0 - konfirmasi "wipe data"

    Konfirmasi untuk menghapus data user (“wipe data”). - Foto/gambar oleh: riftom

    Kemudian akan muncul keterangan teks di sudut kiri bawah layar yang menandakan prosesnya sedang berjalan :

    Samsung Galaxy Tab 2 7.0 - proses "Wipe data/factory reset"

    Perintah “Wipe data/factory reset” sedang diproses. - Foto/gambar oleh: riftom

    Tunggu beberapa menit sampai proses wipe data selesai yang ditandai dengan keterangan teks:

    Samsung Galaxy Tab 2 7.0 - proses "Wipe data/factory reset" selesai

    Proses “Wipe data/factory reset” selesai. - Foto/gambar oleh: riftom

    Jika prosesnya sudah selesai, seperti biasa pilih menu “reboot system now” untuk me-restart perangkat.

    reboot system - recovery mode

    Pilih menu “reboot system now” untuk me-restart perangkat. - Foto/gambar oleh: riftom

    Dan setelah di-restart, perangkat akan menampilkan tampilan penyetelan awal seperti waktu pertama kali penggunaan. Setelah saya melakukan penyetelan setting awal, perangkat akhirnya berjalan normal lagi seperti sedia kala. Akhirnya masalah Samsung Galaxy Tab saya yang mengalami boot loop (reboot terus-menerus) berhasil diatasi, sodara-sodara. 🙂

  4. Cabut baterai

    Nah ini adalah alternatif cara terakhir jika permasalahan Samsung Galaxy Tab 2 7.0 restart terus-menerus belum bisa diatasi juga. Dari referensi yang saya baca, saya membayangkan cara ini yang paling sulit dilakukan dan beresiko paling besar karena melibatkan prosedur bongkar casing, karena baterai tablet biasanya tertanam di dalam body perangkat.

    Menurut beberapa tutorial yang saya temukan, caranya sebenarnya sangat mudah yaitu dengan mencabut baterai dari slot-nya dan memasangnya kembali kemudian me-restart perangkat. Akan tetapi menurut saya, yang membuat sulit dan beresiko adalah justru langkah sebelum mencabut baterai ini yaitu membongkar casing. Proses membuka casing-nya pun tidak bisa sembarangan karena disarankan untuk menggunakan peralatan khusus seperti Plastic Opening Tools dan beberapa perangkat perlu mengutak-atik kabel atau konektor untuk bisa melepaskan baterainya. Resiko akibat kesalahan oprek bisa berupa kerusakan casing sampai kerusakan permanen pada hardware. Mengingat resikonya, maka saya tidak berani mencoba cara ini. Tapi jika ada yang ingin mencobanya bisa mengikuti tutorial berikut ini (resiko tanggung sendiri 😀 ).

     

    Catatan: Untuk kasus pada smartphone, yang -pada umumnya- casing belakang penutup baterainya bisa dibuka-tutup justru cara ini paling mudah dilakukan. Saya beberapa kali berhasil mengatasi masalah bootloop pada Samsung Galaxy Y CDMA saya dengan cara cabut pasang baterai seperti ini.

Nah, Samsung Galaxy Tab 2 7.0 saya yang mengalami masalah bootloop sudah bisa diatasi dengan factory reset dan sekarang sudah berjalan normal kembali. Tinggal tugas yang menanti yaitu install ulang semua aplikasi, karena saya sebelumnya memang tidak melakukan backup aplikasi.

Apakah ada yang pernah mengalami kejadian serupa? Atau mungkin ada cara lain yang sudah pernah berhasil dicoba? Silakan share pengalamannya pada kolom komentar. 🙂


Respons

Ada 121 respons untuk “Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Restart Terus Menerus”.

  1. Mas Jo

    Samsung tab 2 kepunyaan adik saya jg restart terus terusan sampai batrenya habis
    trims ya.. sekarang mau coba direset

    1. Lucky

      Sama mas pny saya pun bgtu restart ampe batre hbs…gimana mas pny adek mas udah normal blm?klw sudah gmn caranya trims..

  2. Muslih

    Punya saya tab 2 p3100. Cuma pada saat akan wife data seperti ada pesan error xml data ada hilang. Jadi pas di wife data sama sekali gj berpengaruh dan aplikasi masih tetap ada. Gimana nih mas ?

    1. Pesan error yang keluar seperti ini bukan?

      did not match sized ‘system/csc/common/system/csc/default_workspace.xml’ (No data found)

      Kalau Samsung Tab 2 P3100 sih saya belum pernah coba, tapi menurut beberapa member senior di forum XDA, sepertinya itu harus install ulang stock firmware menggunakan Odin (download mode) terlebih dahulu, lalu lakukan factory reset.

      1. mas , ada ga cara download firmwarenya selain lewat rapidgrator? lemot kalo ga premium mas

        1. Saya juga belum nemu link download lainnya selain lewat RapidGator atau TeraFile.

      2. mackmoo

        jika muncul pesan seperti itu pada factory reset forum di xda sudah ada yg menjawabnya bro.. factory reset gagal, flash ulang juga gagal. pesan nya sih sukses jika di factory reset atau di flash. namun hasilnya tetap ga bakalan merubah apapun. soalnya yg rusak emmcnya bro.. jadai harus ganti tuh hardwarenya. saya sendiri sudah nyoba berkali kali. kebetulan dapat service an kayak gitu. 🙂

        1. kang jx

          Bang bro…,ane jg punya mslh bgtu…,apa jln atu”nya haruz di bw ke SC

      3. adhy

        Punya ane seperti itu gan di layar boot loopnya, ke.samsung centre malah suruh ganti mainboard. Ke servisan lain nuerah semua. Nganggur sekarang tab ane.

      4. Anna Kim

        Itu caranya gimana? Punyaku problem nya juga sama

  3. saya punya tab 2 7.0 terus terusan merestart sendiri seperti yang agan bicarakan diatas. semua metode sudah saya lakukan seperti yang agan terangkan diatas dan hasil nya tetap nihil. yang belum saya coba adalah mencabut batrainya, apakah ada saran lain selain mencabut batrainya juragan??

    1. Kalau mau coba ini ada link ke artikel untuk solusi mengatasi Galaxy Tab dengan berbagai cara sesuai dengan penyebabnya. Ini link-nya : Troubleshooting Samsung Galaxy Tab Bootloop

      Catatan: belum pernah saya coba, dan caranya agak sulit untuk yang belum terbiasa karena melibatkan proses install ulang dll.

  4. Egy Sandro

    hallo salam keong , gue juga make sasung GT-P3100 dan masalahnya sama , tapi untuk masuk matiin secara total bisa nyari kesempatan sebelum restar otomatis dan ga restar lagi.Tapi kalo dinyalain lagi ya sama,gue udah coba charger ampepenuh dan ga adaperubahan, reset semua ampeinsal OS dan ga ada pengaruhnya ,, dan sekarang saat ini dan detik ini (21 may 2015/21.10WIB) gue masih nyari cara buat nyembuhin tab gue ,kalo ada saran boleh di share . Terimakasih

    1. Sepertinya itu permasalahannya lebih berat dari Tab saya. Ini saya nemu artikel dengan beberapa metode untuk masing-masing penyebab masalah bootloop pada Galaxy Tab, belum pernah saya coba sih tapi masuk akal untuk dicoba. Ini link-nya : Troubleshooting Samsung Galaxy Tab Bootloop

  5. Ridwan Mardani

    Saya juga punya kendala di tab 2 P3110 saya, sering restart terus,,,saya sudah lakukan cara di atas semua, tapi gagal. kondisinya tab ter password, setelah berhasil masuk, saya seting tanpa password, dan saya rubah seting tampilan, suara dll. ketika tab nya mati / restart. anehnya setingan saya tadi juga ikut hilang, kembali ke setingan awalnya. sudah di wipe data atau reset juga seperti itu, saya tanya ke service center ternyata ada kendala di mesin, di instal ulang oleh pihak samsung tidak berhasil,, alhasil saya putuskan untuk memusiumkannya, mungkin ada yang minat untuk part cadangan seperti touch screen, LCD, Batrry, dsb. karna masih ori belem pernah adayang di ganti. just tab n charger saya maharin 400 NET minat hub 087885922277 Thaks.

  6. Sofyan

    saya punya samsung galaxy tab2 yang kendalanya sering restart terus menenrus , dan saya sudah mengikuti saran diatas(kec cabut batrai) tapi hasilnya masih saja restart terus menerus dan di tab saya ada pesan error yang isinya :

    did not match sized ‘ /system/csc/common/system/csc/feature,xml'(No data available)

    Pencerahannya dong ..

    1. naura

      gimna mas??
      saya juga lagi bernasib sama nih mas,, apa yang harus saya lakukan??

  7. Cara ini berlaku nggak untuk Tab 2 10.1? aku coba cara seperti di atas tidak bisa, apa saya yang nggak bisa?
    mohon bantuannya!

    1. Seharusnya sih cara ini juga bisa untuk Samsung Galaxy Tab 2 10.1 yang restart terus.

  8. Sofyan

    pesan error warna merah yng isinya:
    did not match sized ‘ /system/csc/common/system/csc/feature,xml'(No data available).

    Yang harus didownload apa nya gan??

    1. raysen

      Kasus ane sama gan.. Mau tanya nih gimana mau download kalo tab nya aja restart2 aja mulu.. Udah factory reset masih ada aja data2 semua…pusing nih

    2. problem sama kaya ane juga..

      # MANUAL MODE #
      — Appling Multi-CSC…
      Applied the CSC-code : XSE
      did not match sized ‘/system/csc/common/system/csc/feature.xml’ (No data available)

      bagaimana solusinya ?

    3. HudanAchmad

      Itu karena RAM nya rusak kalau ngk salah, jadi dia tetep ngulang ke posisi akhir. New tablet will fix this issue 🙂 CMIIW

    4. syifa

      sma kyk tab aku jg, pernah aku bwa ke service hp, tpi ttp aja gak bisa, ktanya sih itu RAMnya yang rusak, yaudah aku pasrah aja, kemaren aku tmenin mamaku ke tmpat service buat ngambil laptopnya yg baru diinstall sekalian aku bawa tabku jg, spa taukan dsitu bisa ngeperbaikin tab aku, yaa aku blom tau sih hasilnya, tpi kta tukang service kemaren mungkin software ku yang harus diinstal lagi karena mungkin ada kerusakan pada aplikasinya gitu, jdi aku tinggal nunggu hasilnya aja…

    5. anto

      tlong para master akupun punya nasib yg sama. kata temenku ic emmcny udh kbykn memory. nah gmn cra bnerinya ya??? di resett data2 kmbli trus. bolak blik restart. muncul “did not match sized ‘/system/csc/common/system/lib/libvideo.so'(no data available)

  9. raysen

    Samsung tab 2 7.0 ane sama kasusnya..restart mulu udah coba factory reset tp data2nya nga ilang dan tetap restart mulu.. Di atas bilang harus download dari odin tp gimana mau download kalo tab nya restart mulu.. Tolong solusinya dong om.. Makasih

  10. haris

    cara yg saya akukan sama d atas tp g brhasil semua,katanya IC MMC kena

  11. kikizaka

    Tolong donk . . .gimana solusinya,saya dah coba cara caranya ampe lepas batu batrei. . Dan hasilnya sama aja . . .sama agan juga pemasalanya sama. . .Sayang nie tab 2 saya

  12. cakrecjwara

    Sudah saya lakukan semua , termasuk melepas baterai 2 kali berturut turut, bahkan sudah saya install ulang juga..
    ada solusi yang lain? mungkin ini semacam virus

  13. ridwan
  14. wulandastry

    Persis kaya punya saya, sebelum coba cara2 diatas, ada cara utk backup filenya dulu sblm direset?

  15. Amir Mahmud

    Sama seperti punya adik saya… pdahal br dgunain sktr sthn kbh glaxy ace 2. kalau ada cara yang bisa prbaiki mngkin tlng infonya dunkk…

  16. Amir Mahmud

    Mkstnya sktr stahun lbh galaxy ace 3

  17. gan, saya sdh lakukan seperti diatas. terus muncul gambar android dan tulisannya downloading.
    tapi kok lamma banget yah downloading nya. memang butuh waktu berapa lama yah ?

    1. Ooo itu berarti salah masuk ke Download Mode… kayaknya salah pencet tombol itu… Tekan tombol power + volume up untuk masuk ke Recovery Mode.

  18. sama punya saya nie udah download juga, instal pake odin masih juga gak mau, semua data masih tetap ada, dan ngRestart terusss T_T
    bantuin donk, sayang banget sama tab nya…

  19. jene

    sama sampai skrg blm nemu solusi, yg sdh nemu tolong share dong

  20. Anastasia Silvani

    udah nyoba cara 1 dan ke 2 tp gagal..mau nyoba cara ke 3 tp gimana syg data2 foto2 sm video :'( gimana cara mindahinnya ya dr memory telponnya hiks :'(

  21. Catatan Taufik

    mohon bantuan gan, ane punya tab 2 p3100 ni. kasusnya bootloop. trus ane reset factory normal. beberapa lama kemudian kembali bootloop lagi. pas ane mau reset lagi malah system OS error. trus ane cari firmwarenya trus ane flash pakai odin. flash berhasil tapi pada saat restart muncul logo samsung terus ngak mau masuk aplikasi. mohon solusinya gan. tanks

  22. Tab saya justru jaringan nya gampang hilang sendiri.. kenapa ya gan? Kalau pakai wifi lancar tapi kalau pakai kartu jaringan sering hilang.. (insert sim)

  23. Brian Jinorizky

    Ternyata banyak yg kasusnya sama persis seperti ane , ttap gabisa nihhh 🙁

  24. zakki fuad

    satu satunya solusi untuk kasus agan agan di atas semuanya adalah beli mesin baru di samsungnya langsung, harganya 1,2jt.an. hehehe. ane habis tanya ke samsungnya, solusinya cuma itu. mending beli baru dari pada beli mesin.

  25. ajicho

    Manfaat sekali brader
    Thx y sharingnya

  26. mamat

    Salam Gan ,
    Saya juga pemakai samsung tab series yaitu Tab 2 10 inch ,sejak 2013 ,dan selama ini tidak pernah ada masalah .
    Baru pada bulan ini tiba tiba perangkat saya mulai ngadat ,masalah pertama muncul tiba tiba simcard tidak terbaca padahal saya tidak pernah melepas atau mengganti simcard sejak saya membeli nya dulu ..lalu saya bawa perangkat saya ke service center samsung di daerah saya (lombok – NTB ) tapi masalah pada perangkat saya tidak bisa diatasi,
    Kemudian saya ikuti saran teman saya untuk reset ulang ke setelan pabrik ,setelah saya lakukan itu perangkat saya tetap tidak bisa membaca simcard yang saya masukkan.
    Bahkan sekarang muncul masalah baru yakni space pada memory internal ( 11 Gygabite) terpakai padahal saya tidak mendownload atau menginstal satu aplikasi pun.
    Dan pemakaian space memory ini terus bertambah setiap satu hari seolah saya ada menambah aplikasi pada perangkat saya ini.
    Dan akhirnya setiap tiga atau empat hari muncul respon bahwa memory low ,kemudian ada permintaan penghapusan memory ,padahal saya tidak mengisi satu aplikasi pun .
    Memory internal baru bisa ada ruang kosong setelah saya lakukan reset ulang ,tapi akan kembali serupa setiap tiga atau empat hari .
    Mohon pencerahannya dari agan agan disini
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  27. Eko Mei

    wah itu persis seperti punyaku yg samapi sekarang saya nganggurkan, nanti sya cobanya mudah2an bisa. alhamdulillah ada info penting

  28. guntur

    Punya saya ad tulisan adobe air terhenti jg measure terhenti gimana cara hilangkanya selamanya gan

  29. Afri

    kok saya gk bisa masuk ke mode recovery systemnya ya???

  30. andry

    gan klo tiap kali ane ngecas hp tiba” hp ane ngerestart terus menerus… trus ane coba masuk mode recovery juga gak bisa tp pas ane tekan tombol power + vol down muncul tulisan warning bla bla bla…… intinya menyagkut OS dan aplikasi… ada saran gak gan soal ini

    1. Untuk masuk ke Recovery Mode, yang ditekan tombol power + volume up. Kalau tombol power + volume down itu untuk masuk ke Download Mode atau Odin Mode (yang bertuliskan Warning!! bla bla bla tersebut)…

  31. Rafa

    Punya ane sama, restart2 terus setelah 1-2 menit tampil home screen. Flash CWM pake ODIN 1.85 gagal, pas booting balik ke recovery bawaan. Flash firmware bawaan juga ga ada hasil… ODIN bilang pass (sukses), tapi setelah booting balik maning balik maning. Pas masuk home screen sempet uninstall 1 apps, pas booting, balik lagi tuh appsnya. Daripada gak kepake ane manfaatin jadi talenan aja…

  32. iin

    Tab 2 saya kalau d hidupkan tdk berapa lama paling 5 menit mati lagi,sebentar hidup lagi sampai 5 menit mati lagi dan terus menerus begitu aq bawa ke tukang servis katanya emmcnya yg rusak harus d ganti 500 ribu,,,apa benar itu?

  33. galaxy tab 2 anda mengalami lock/write protection pada emmc(memory internal) ini biasanya terjadi karena upgrade versi android. dari Ginger bread ke ICS. sampai detik ini solusi nya adalah mengganti emmc. ada solusi lain yg lbh aman yaitu mengupgrade firmware emmc, masalahnya harus ke tukang service yg mempunyai jtag tool(atf, easy jtag dll). solusi yg kedua ini lebih aman karena tidak perlu mengganti hardware dan bisa jadi lebih murah jika punya relasi. karena waktu yang diperlukan ga lebih dari 10menit. hubungi servis terdekat yang bisa jtag.

  34. mamat

    @ Eko Mei : salam Gan…mohon bertanya ,apa sejauh ini agan masih belum temukan solusi tepat utk masalah padaaTab 2.10.1 seperti yg saya posting di atas .
    minggu ini (bulan maret 2016) saya coba kembali bawa perangkat saya ke Samsung Center di daerah saya tapi tetap tdk terselesaikan masalahnya.
    sekali lagi ,sekiranya agan sdh temukan trik jitu utk atasi permaslahan itu ,mohon kiranya utk berbagi.
    terima kasih

  35. benny

    memang kalo ngelagpun(jalannya jadi lambat) disuruh ganti mesin padahal telpon, internetan dll. kalo di jambi malah mintanya 1,5juta

  36. anak samsung

    sudah nasib samsung seperti itu…

    kacian deh aqu…

  37. Winny Putri

    salam kenal ya mas..saya juga pengguna samsung galaxy tab 2 dan mendapat masalah restart terus menerus mas..langkah pertama sudah pernah saya coba, factory cache, sampai buka bateray nya mas..dan ini lagi proses mencoba dengan flashing mas, tapi untuk mendownload firmware nya kok susah banget ya mas?? dan untuk membuka usb debugging di galaxy tab 2 nya gimana ya mas, karena terus saja restart?? jika saya baca2 di artikel, jika bawa ke counter hp samsung resmi kemungkinan bisa di perbaiki tapi harga nya mahal, dan jika di bawa ke counter hp biasa, pasti di suruh ganti IC MMC nya mas, dan pasti kena biaya yang lumayan mahal pula…maka dari itu saya lagi ingin mencoba dengan cara flashing…mohon bantuan nya mas, mengenai cara mengaktif kan usb debugging nya mas, karena hp tidak sempat di sentuh sudah restart lagi mas??? sebelum dan sesudah nya saya ucapkan terima kasih mas

    1. Salam kenal juga… Untuk mengaktifkan fungsi USB Debugging, yaitu dengan masuk ke menu Settings -> Developer Options dan aktifkan setelan Developer Options tersebut. Nah pada bagian Debugging nyalakan (ceklis) pilihan USB Debugging.

  38. Aldin

    Terima kasih boro.Tab sy sudah tidak rusak lagi

  39. Jo

    Saya juga pengguna Samsung Galaxy Tab 2 7.0 dan juga dapet masalah restart secara terus-menerus. Kalo dibuat buka aplikasi medsos jd agak lama, terus restart sendiri. Saya sudah hapus beberapa cache tapi tetep gak ngefek. Terus kalo data connectionnya dibuka, pasti 1-2 menit kemudian langsung restarting. Pokoknya kalo dihubungkan dengan wifi atau data connectionnya dibuka pasti langsung restart. Apakah ada pengaruh antara koneksi internet dengan restarting ini? Mohon bantunannya. Terima kasih…

  40. Awalnya gagal, terus saya coba lagi untuk kedua kalinya dan alhamdulillah bisa. Jangan menyerah hehe. Terima kasih, artikel ini sangat membantu.

  41. Awalnya gagal, terus saya coba untuk kedua kalinya dan alhamdulillah bisa. Jangan menyerah hehe, terima kasih artikel ini sgt membantu.

  42. saya dari malaysia . saya sudah cuba utk masuk ke recovery mode dengan menahan tombol power + volume up . bila logo samsung tab 2 muncul buat kali ke 2 , saya lepaskan tombol dan ia menampilkan skrin yang hitam bercahaya tapi kosong . saya sudah berusaha berkali kali . bagaimana ya ? mohon penjelasan secepat mungkin . :’)

    1. Bila logo Samsung sudah muncul, coba lepaskan HANYA tombol power dan TETAP TEKAN tombol volume up sampai muncul gambar robot hijau Android. Jika sudah tampil gambar robot Android, tunggu sebentar maka akan masuk ke menu Recovery Mode.

  43. Sapto

    makasih dh boleh gabung. mau tanya mas, kalo Samsung Tab 3 tidak bisa masuk recovery gimana solusinya ya??

    1. Tidak masuk recovery mode bagaimana? Bisa dijelaskan gejalanya? Kalau dari pengalaman saya, gagal masuk ke recovery mode itu karena waktu melepaskan tombolnya kurang pas atau terlalu cepat.

    2. Kalau tidak salah untuk Samsung Galaxy Tab 3, untuk masuk ke recovery mode adalah dengan menekan tombol “Volume Up” + tombol “Home” + tombol “Power”. Setelah muncul logo Samsung Galaxy Tab 3, lepaskan tombol “Power” saja, dan tetap tekan tombol “Volume Up” + tombol “Home” sampai muncul logo Android.

  44. Ane sudah coba CABUT BATRE gan . . . . Bermodalkan penggaris besi ama Paku Kecil … hehehe ^^
    Kesingnya hampir mirip HP pada umumnya cuma ukurannya aja yg besar . . . ^^
    Jangan takut coba jaa gan… ane udah berhasil . . . .

  45. kania

    Mksh mas samsung galaxy tab nya sdh bekerja lg walaupun data2nya hilang…

  46. Prisil

    Thanks buat tipsnya. Benar2 sangat membantu dan saya berhasil mengembalikan tab saya seperti semula 🙂

  47. Anna Kim

    Sama seperti yang lain, saya juga sama problem nya..semua cara sudah dicoba tapi tetep aja restart terus tiap 1 menit sekali..malah ada tulisan

    did not match sized ‘/system/csc/common/system/csc/feature.xml’ (No data available)

    Dicoba untuk download firmware, belum juga disentuh udah restart lagi, selain download ada alternatif kah? Mohon bantuannya. Terima kasih..

  48. Anna Kim

    Sama seperti yang lain, saya juga sama problem nya, semua cara sudah dicoba tapi tetep aja restart terus tiap 1 menit, malah ada tulisan

    did not match sized ‘/system/csc/common/system/csc/ feature.xml ‘ (No data available )

    Dicoba untuk download firmware tp belum juga disentuh udah restart lagi. Selain download ada alternatif yang lain tidak. Mohon bantuannya Terima kasih..

  49. aris

    kalo factory reset, data seperti foto2 video, dll hilang juga?

    1. Iya, pokoknya semua data di memory internal tablet bakalan hilang.

  50. terimakasih gan, infonya penting n sangat membantu

  51. ini buat galaxy tab 2 10.1 nyoba pake hardbutton ( vol up+ power ) keluar kata2 ” a custom OS can cause critical problems in phone and installed applications. if you want to download a custom OS , press the volume down key. otherwise , press the volume up key to cancel” di pilihan vol up : cancel ( restart phone ) , vol down : continue , pas nyoba up . kirain restart yang ada pilihan recovery , ternyata cuma restart biasa . nyoba continue . malah lama sekali downloadnya bahkan gak jalan. nemuin recoverynya dimana ya ? thanks

    1. Penyebab gagal masuk ke recovery menu biasanya sih karena kurang pas menekan tombolnya atau bisa juga kurang lama menahan tombolnya. Coba baca bahasan tentang masalah ini di artikel Recovery Mode pada Samsung Galaxy Tab 2 7.0.

  52. ayu

    ikutan berpusing ria jg kak, kasus yg sama restart truz tp masih bisa masuk menu, stelah 10-15 detik an di menu restart lg, gitu truz berulang” udah coba cara 1 yg kakak tulis, hasilnya nihil 🙁 ini lg coba cara 2,3 sma 4 moga aj bisa sembuh nih tab -_-

    aq baca komen dr atas sampe bawah jd punya kesimpulan yg aneh” mulai dr hardware rusak dsb.
    komennya lebih serem drpd artikelnya 😀

  53. Isnaini

    Makasih tips nya sudah dicoba dan berhasil…

  54. Isnaini

    meskipun data-data foto hilang semua hehehehe….

  55. sriandayani

    mau tanya om
    aku habis flashing tab2 karena udah agak lelet
    habis itu kok mode emergency call terus ya, padahal sinyalnya penuh
    kalo dipakai cek pulsa keluar tulisan
    “NO REGESTERED ON NETWORK”
    aapakah bisa di bantu ?

  56. Makasih.. sangat bermanfaat,, aku coba no. 2 bisa..

  57. Info gadget

    Info bermanfaat BOS Terima kasih atas share Ilmu nya

  58. benbima

    Tab saya kasusnya sama ada pesan error warna merah saat recovery. saya coba flashing dengan 3 macam firmware jg dengan odin versi 3.12 jg gak bisa. Untuk restart terus2, supaya berhenti, saat masuk layar home, tekan power dan shutdown, tapi kabel kabel chargenya harus dipasang ke listrik. nanti dia berhenti dan masuk ke pengisian baterai.

  59. ody

    Setelah saya baca artikel ini, saya coba no 1 sampai 2 ttp ngga bisa, kalo coba yg no.3 takut di reset krna ada data2 penting d dlm jadi ngga deh, sama juga dgn cara no 4 salah sentuh fatal, saya coba cara yg lain saya cabut memory sim card kemudian saya restart tab,hasilnya sukses besar tab saya tdk lagi restart.cobain deh

    1. Mantap…
      Bisa dicoba cara ini juga nih buat yang belum berhasil, siapa tahu sukses juga.. (tapi khusus untuk Samsung Galaxy Tab yang pakai SIM card)
      Makasih Ody udah berbagi pengalamannya…

  60. Mas saya ngalamin masalah kyk gini
    did not match sized ‘system/csc/common/system/csc/default_workspace.xml’ (No data found) solusinya gimana mas?

  61. selamat sore mas arif mau nanya, tab 2 saya awal sering restart trs ketika dihidupkan berjalan normal tp tidak ada 1 menit kembali restart. karena saya tidak tau cara memperbaikinya saaya diamkan saja. tp ketika saya membaca artikel dr mas arif dan ingin mencobanya. saya nyalakan awal tab saya stuck di logo Samsung. dan saya telah mecoba cara, 1,2 dan 3 tapi tetap tidak ada hasil. smp skrng ketika dihidupkan hanya smp stuck dilogo samsung. mohon informasinya mas arif

    1. Kalau mentok di logo Samsung, coba dengan melakukan restore firmware menggunakan Samsung Kies. Saya belum sempat menulis artikelnya, tapi silakan saja dicoba sendiri. Pada menu Samsung Kies pilih Tools > Firmware Upgrade and Initialization kemudian ikuti petunjuk-petunjuk langkahnya.

  62. daeng

    Klo hp sya cmn nongol logo smsung aj gak bsa ke home hp sya smsung tab2 ad yg tau crnya gk

    1. Coba pakai Samsung Kies, di menu Tools pilih Firmware Upgrade. Ikuti petunjuk-petunjuk selanjutnya untuk proses me-restore firmware. Kalau cara ini berhasil, masalah stuck di logo Samsung akan teratasi.

      1. brian

        Permisi mas arief mau nanya…samsung kies ny itu aplikasi download an atau bawaan?trs gimana cara pake samsung kies ny klo tab nya trs me restart?mohon solusi scepatny mas arif

        1. Samsung Kies itu harus download dulu di website Samsung-nya, tapi setahu saya sekarang Samsung Kies versi baru udah ga ada lagi fitur untuk upgrade firmware-nya. Jadi terpaksa harus install ulang firmware secara manual.

          Untuk Tab-nya yang restart terus ya bisa dicoba pakai alternatif cara yang saya jelaskan di artikel ini. Kecuali kalau masih gagal juga, terpaksa harus install manual juga. 😀

          Cuma saja tutorial untuk install ulang firmware secara manual belum sempat saya tulis, jadi mungkin kalau butuh secepatnya sementara harus googling dan cari di website lain. 🙂

  63. barque

    makasih mas… punya saya sudak ok… thanks

  64. vhafie

    Gmana mas tolong punya tab saya kasusnya sama yg diatas sudah di coba sampai 4 cara diatas tapi masih hidup dan mati terus sekitar 1 menit mohon bantuannya bagaimana caranya …..

  65. Thohar Anom

    Terimakasih artikel atau ilmunya, tadinya tab saya suka restart setelah aku coba cara yg ke 2 alhdulillah berhasil sudah buat coba muter video satu jm lebih juga buat buka aplikasi lain sudah tidak restart lagi, nanya juga cara yg ke 2 itu tidak ngefek hilangnya data banar kan mas.
    Terimakasih dan semoga yg lain berhasil .

    1. Setahu saya, cara nomor 2 (fungsi “Wipe cache partition”) TIDAK akan menghapus data user. Silakan saja dicek di Tab-nya mas, apakah ada data yang terhapus atau tidak.
      Terima kasih juga sudah berkomentar. 🙂

      1. Thohar Anom

        Mas misal galaxy tab 3 t211 lemot cra ngatasinya gimana ya biyar lancar lg, apa boleh dengan cara pilihan di atas ???

        1. Boleh aja kalau mau dicoba, tidak ada resikonya kok… 🙂
          Tapi kalau mau lebih pasti, saya sarankan untuk coba pakai aplikasi pembersih seperti CCleaner. CCleaner ini selain untuk komputer ada juga versi mobile-nya untuk tablet atau smartphone Android.

          1. Thohar Anom

            Maaf … itu sama aja gk kinerjanya sama clean master ?

          2. @Thohar Anom
            Saya belum pernah coba Clean Master… tapi kalau saya baca di deskripsi aplikasinya, ya kurang lebih sama…

  66. frost

    mas udh coba 2x tpi msih bot lop juga,gmna itu mas?

  67. frost

    udh coba 2x cara yg ke 3 tuh mas,tpi tetap restart terus samsung tab 2 nya,kenapa ya kirakira mas,tolong pencerahannya mas. . .

  68. sadex

    ternyata dan ternyata banyak yg ngalamin… kayaknya emang emmc nya kena, udah lah jadi talenan aja…

  69. Franco

    Halo.. Saya mempunyai tab samsung galaxy tab 2 7.0 .. Permasalahannya sama, tab nya restart sendiri terus.. Aku coba pake cara reset data., tpi menu recovery aku beda.. Hanya terdapat 2 pilihan dalam recovery mode.. Pilihan pertama : Lanjutkan .. Pilihan ke 2 : kembali (restart).. Gimana cara ngatasinnya tuh? Mohon bantuannya ..

    1. Itu kayaknya salah masuk mode. Yang ada 2 pilihan, Lanjutkan (Continue) & Kembali (Cancel, restart phone) itu kalo ga salah Download Mode BUKAN Recovery Mode.

      Itu biasanya salah pencet tombol, coba pastikan lagi yang dipencet bersamaan itu tombol power dan tombol volume up.

  70. Green

    kalau yang muncul ” Unfortunately, com.android.vending has stopped ” dan reboot terus, gimana solusinya?

    1. Coba aja di-factory reset, kalau tidak berhasil coba Firmware Upgrade pakai Samsung Kies, menunya ada di Tools.

  71. Adhit

    cara back up data kalo kejadian bootloop kayak gitu gimana gan?
    sayang x foto-foto lama

    1. Kalau data-nya di memory card sih tinggal cabut aja memory card-nya dan copy data-nya ke komputer / laptop pake card reader. 😀

      Tapi kalau data yang di memory internal HP-nya kayanya udah harus direlakan hilang, karena saya juga belum tau cara menyelamatkan datanya.

  72. sarmo

    Makasi bro saranya cukup membantu,

    1. Sama-sama bro… 🙂 Makasih udah berkunjung

  73. putri novita

    Mas kalo tutup simcard sama memory card nya patah, itu bisa dibenerin nggk ya? Hehe

    1. Bisa, dilem aja…
      Kalo masih ngga bisa, dilem…. par aja, beli baru… heheheh… peace ✌️ *becanda* 😀

  74. teguh

    Makasih gan… alhamdulillah sangat membantu… samsung tab ane dah normal lagi berkat artikel ente… makasih banyak

Beri Respons