Recovery Mode pada Samsung Galaxy Young CDMA SCH-i509

Seperti halnya recovery mode pada perangkat Samsung Galaxy Tab, pada smartphone Samsung Galaxy Young 1 versi CDMA ini juga mempunyai recovery mode tersendiri. Untuk perangkat Android yang berbeda jenis, memang isi menu pada recovery mode ini juga bisa berbeda-beda. Tapi meskipun begitu, sebagian besar fungsi utama tetap tersedia. Berikut ini adalah penjelasan cara masuk ke Recovery Mode pada Samsung Galaxy Y CDMA (Young SCH-i509) yang dilengkapi dengan panduan gambar.

Untuk masuk ke recovery mode Samsung Galaxy Young ini, -sama seperti perangkat Android lainnya- dilakukan pada saat smartphone awal dinyalakan (booting). Proses awal booting pada smartphone ini adalah pada saat tampil tulisan logo Samsung dengan teks www.samsungmobile.com di bawahnya. Selanjutnya, akan muncul logo Samsung Galaxy Y Young SCH-i509 dan kemudian akan menyusul lagi tampilan logo Samsung.

Samsung Galaxy Young CDMA SCH-i509 - logo booting

Logo Samsung booting awal dengan teks www.samsungmobile.com

Samsung Galaxy Young CDMA SCH-i509 - logo perangkat

Logo perangkat Samsung Galaxy Y – Young SCH-i509

Samsung Galaxy Young CDMA SCH-i509 - logo Samsung

Logo Samsung

Pada saat muncul logo Samsung dengan teks www.samsungmobile.com di bawahnya, tekan tombol “Power” dan tombol “Volume up” secara bersamaan. Tombol “Power” adalah tombol untuk menghidupkan atau mematikan perangkat, yang terletak pada bagian sisi kanan smartphone (dengan layar perangkat menghadap ke kita). Sedangkan untuk tombol “Volume up” adalah tombol untuk memperbesar volume suara yang terletak pada sisi kiri smartphone. Penampang tombol “Volume up” ini bersatu dengan tombol “Volume down” (untuk memperkecil volume suara). Jadi ketika menekan tombol ini jangan sampai tertukar atau salah pencet, karena nanti akan memasuki mode yang berbeda.

Setelah saya membaca beberapa artikel, ternyata untuk membuka mode recovery ini bisa juga dilakukan dengan hanya menekan tombol “Volume up” saja ketika awal booting. Saya coba ternyata cara inipun benar dan saya berhasil mengakses recovery mode dengan cara ini.

Samsung Galaxy Young CDMA SCH-i509 - tombol power

Tombol “Power”

Samsung Galaxy Young CDMA SCH-i509 - tombol volume up dan volume down di recovery mode

Tombol “Volume Up” dan “Volume Down”

Tekan kombinasi tombol ini sampai muncul logo Samsung Galaxy Y Young SCH-i509, dan setelah itu jika berhasil akan langsung masuk ke recovery mode. Mode ini ditandai dengan judul “Android system recovery” pada bagian atas layar, dan di bawahnya terdapat beberapa menu untuk memproses fungsi-fungsi tertentu.

Recovery mode Samsung Galaxy Young CDMA SCH-i509 - recovery mode menu

Recovery mode Samsung Galaxy Young CDMA

Untuk menggerakan pilihan menu, dapat dilakukan dengan menekan tombol “Volume up” (ke atas) dan tombol “Volume down” (ke bawah). Menu yang terpilih ditandai dengan warna latar biru dan teks berwarna putih. Untuk menjalankan perintah menu tersebut, tekan tombol “Home“.

Samsung Galaxy Young CDMA SCH-i509 - tombol volume up dan volume down

Tombol “Volume Up” untuk memindahkan menu ke atas dan tombol “Volume Down” untuk memindahkan menu ke bawah

Samsung Galaxy Young CDMA SCH-i509 - tombol home

Tombol “Home” untuk mengeksekusi perintah pada menu

Recovery mode Samsung Galaxy Young CDMA SCH-i509 - tampilan recovery mode menu

Daftar menu pada recovery mode

Untuk perangkat Samsung Galaxy Y CDMA ini, terdapat 4 buah menu, yaitu:

  1. “reboot system now”
    Fungsi menu ini adalah untuk me-restart smartphone dan kembali ke proses booting awal. Hal ini dilakukan ketika kita sudah selesai menggunakan mode recovery ini dan ingin menghidupkan perangkat kembali ke mode normal.
  2. “apply update from sdcard”
    Fungsi menu ini adalah untuk menjalankan file tertentu di dalam SD card yang terpasang pada perangkat smartphone kita. File yang terdapat pada SD card tersebut biasanya memiliki fungsi khusus, seperti untuk melakukan proses root (rooting), dll.
  3. “wipe data/factory reset”
    Fungsi menu ini adalah untuk me-reset keadaan smartphone kembali seperti bawaan pabrik. Semua pengaturan akan dikembalikan ke setelan standarnya seperti pada saat perangkat ini dinyalakan untuk pertama kalinya. Fitur ini juga akan menghapus semua data yang terdapat di dalam media penyimpanan internal perangkat smartphone.
  4. “wipe cache partition”
    Fungsi menu ini adalah untuk menghapus data sementara (cache) yang tersimpan pada sistem, tapi tidak akan menghapus data-data pengguna.

Dan di bagian bawah layar, juga terdapat teks keterangan berwarna kuning sebagai indikasi status pada proses yang sedang atau sudah dilaksanakan. Berikut ini beberapa tampilan pada teks keterangan tersebut:

Recovery mode Samsung Galaxy Young CDMA SCH-i509 - notifikasi wiping cache

Notifikasi proses “Wiping cache”

Recovery mode Samsung Galaxy Young CDMA SCH-i509 - notifikasi wiping data

Notifikasi proses “Wiping data/factory reset”

Dari pengalaman saya, fitur yang pernah saya gunakan pada mode ini adalah melakukan proses root yang bertujuan meningkatkan kemampuan smartphone ini dan melakukan proses Factory Reset karena Samsung Galaxy Young CDMA saya ini pernah mengalami masalah sinyal hilang.

Demikianlah bahasan singkat mengenai Recovery Mode yang dapat diakses pada perangkat Samsung Galaxy Y CDMA. Kalau ada informasi yang ingin ditambahkan, silakan berbagi pada kolom respons di bawah. 😉


Respons

Beri Respons