Recovery Mode pada Samsung Galaxy Tab 2 7.0

Recovery mode pada perangkat Android mengacu kepada suatu mode dimana terdapat berbagai menu untuk keperluan perbaikan, instalasi ataupun pembaruan (update) sistem operasi Android. Secara umum, mode ini bisa diakses dengan menekan kombinasi tombol pada perangkat Android dan selanjutnya perangkat akan booting ke dalam mode recovery ini. Untuk perangkat keluaran Samsung baik itu smartphone ataupun tablet, biasanya mode ini bisa diakses dengan menekan kombinasi tombol power dan volume up secara bersamaan selama beberapa detik pada saat awal booting (pada saat muncul logo Samsung atau logo perangkat). Berikut ini keterangan lebih jelasnya dengan menggunakan contoh perangkat Samsung Galaxy Tab 2 7.0 (GT-P3110) yang dilengkapi dengan gambar screenshot:

Untuk mengakses mode recovery, bisa dilakukan pada saat perangkat berada pada proses awal booting. Proses awal booting pada perangkat ini ditandai dengan tampilnya logo Samsung Galaxy Tab 2 7.0 kemudian disusul dengan munculnya logo Samsung.

Logo Samsung Galaxy Tab 2 7.0

Logo Samsung Galaxy Tab 2 7.0 pada proses awal booting.

Logo Samsung pada perangkat Samsung Galaxy Tab 2 7.0

Logo Samsung.

Tekan tombol power dan volume up (tombol untuk memperbesar volume suara) secara bersamaan pada saat munculnya logo Samsung Galaxy Tab 2 7.0. Karena tombol volume up ini penampangnya bersatu dengan tombol volume down (tombol untuk memperkecil volume suara), jangan sampai salah pencet karena akibatnya akan menampilkan mode yang berbeda.

Lokasi tombol pada Samsung Galaxy Tab 2 7.0

Lokasi tombol pada Samsung Galaxy Tab 2 7.0.

Tahan tombol power dan volume up ini sampai logo Samsung Galaxy Tab 2 7.0 menghilang dan kemudian muncul lagi. Kedua tombol ini bisa dilepaskan ketika logo Samsung Galaxy Tab 2 7.0 ini muncul untuk kedua kalinya, karena yang terjadi terkadang mode recovery tidak berhasil diakses karena menekan tombol power dan volume up kurang lama. Kalau kurang yakin, saya terkadang menekan kedua tombol ini sampai muncul yang ketiga kalinya. 😀

Tekan dan tahan tombol Power dan Volume Up secara bersamaan

Tekan dan tahan tombol Power dan Volume Up secara bersamaan.

Jika berhasil, maka layar akan menampilkan mode recovery yang ditandai tampilnya logo robot Android kemudian muncul tampilan dengan judul “Android system recovery <3e>” dengan beberapa pilihan menu.

Tampilan recovery mode pada Samsung Galaxy Tab 2 7.0

Tampilan recovery mode.

Sesuai dengan petunjuk yang terlampir di bawah judul, menggerakkan pilihan menu dapat dilakukan dengan menekan tombol volume up untuk ke atas, dan volume down untuk ke bawah. Untuk menjalankan/mengeksekusi menu yang sudah dipilih dapat dilakukan dengan menekan tombol power.

reboot system - recovery mode

Pilihan menu pada mode recovery. - Foto/gambar oleh: riftom

Pada perangkat Samsung Galaxy Tab 2 7.0 ini terdapat 6 pilihan menu:

  1. “reboot system now”

    Menu ini untuk me-restart perangkat setelah selesai menggunakan mode recovery.

  2. “apply update from ADB”

    ADB adalah singkatan dari Android Debug Bridge. Dengan fitur ADB ini, developer bisa memodifikasi aplikasi (biasanya untuk memperbaiki bugs) pada perangkat dengan menyambungkannya pada komputer. Lebih jelasnya baca di What is ADB, and how do I use it?.

  3. “apply update from external storage”

    Menu ini akan menjalankan file “tertentu” yang terdapat pada media penyimpanan eksternal (SD Card dsb). File “tertentu” ini biasanya berfungsi untuk memodifikasi perangkat (rooting dll).

  4. “wipe data/factory reset”

    Menu ini untuk mengembalikan keadaan perangkat seperti bawaan pabriknya dan menghapus semua data user pada perangkat. Menu ini juga akan melakukan “wipe cache partition” sesudahnya.

    Menggunakan fitur ini saya memperbaiki Samsung Galaxy Tab 2 7.0 yang me-restart terus-menerus (boot loop).

  5. “wipe cache partition”

    Menu ini untuk menghapus data sementara (cache) yang tersimpan pada sistem, tapi tidak menghapus data-data user.

  6. “apply update from cache”

    Saya belum menemukan referensi tentang perintah menu ini. Dari namanya saya perkirakan fungsinya mungkin sama dengan “apply update from external storage” tapi bedanya menu ini menjalankan file sementara yang berada pada cache. Tolong koreksi kalau saya salah 😀

Di bagian bawah layar terdapat keterangan teks berwarna kuning, yang menampilkan status proses yang sedang atau sudah dijalankan.

Keterangan teks status proses pada mode recovery

Keterangan teks status proses pada mode recovery.

Samsung Galaxy Tab 2 7.0 - proses "Wipe data/factory reset" selesai

Keterangan teks proses “Wipe data/factory reset” selesai. - Foto/gambar oleh: riftom

Nah, demikian gambaran tentang Recovery Mode pada perangkat Samsung Galaxy Tab. Kalau ada info lainnya yang mau ditambahkan, dengan senang hati saya persilakan. 😉

 


Respons

Ada 17 respons untuk “Recovery Mode pada Samsung Galaxy Tab 2 7.0”.

  1. Agus Edhi Saputra

    Malam Pak, saya coba menekan tombol power dan volume up bersamaan saat logo Galaxy Tab 2 muncul, tetapi selalu dia balik restart lagi memunculkan gambar batere. Gimana ya? Terima kasih

    1. Kalau sambil di-charge saya coba biasanya juga seperti itu, Pak. Coba cabut dulu charger-nya dan dicoba lagi.

  2. slamat malam pak,saya mau bertanya pada samsung galaxy tab 2 saya terdapat aplikasi mobo market,horoscope,hola launcer yang dapat mengganggu saya sewaktu memakai tab 2 ini.,nah bagaimana cara menghilangkan aplikasi tersebut dan mengulang kembali dari awal tab 2 saya ini ya pak,mohon bantuannya?terimakasi

    1. Untuk mengulang dari awal (reset) pada Galaxy Tab 2 caranya bisa dilihat pada artikel oprakoprek.riftom.com/samsung-galaxy-tab-2-7-0-restart-terus-menerus/ pada point nomor 3.

  3. kang pai jan

    Kalau custom binary blocked by fap lock bagaimana cara mengatasinya. Trims

  4. wulandari

    Gan udh sy coba recoverymode dn sy pilih wipping data dn brhsil sukses. Tp knp ttp gk mw k menu jg. Msh merestar ulang2

    1. Dicoba lagi aja, Sis. Di artikel sebelah juga ada beberapa komentar yang berhasil setelah beberapa kali dicoba. 😉

  5. ekasari kurnia

    Terima kasih banyak…
    Tab saya bukan restart terus menerus.. tapi memang tidak mau hidup…
    Hanya logo samsung yg keluar.. tapi tidak masuk system…
    Petunjuk anda.. berhasil menghidupkan Tab 2 saya
    Terima kasihvbanyaj

  6. Agustina

    Kalau saya mau mengembalikan tampilan seting seperti semula, yg dimana langsung ada pilihan screnshotnya saat ada pilihan setting itu ada system trus motion dst. Tapi tab sya skrg brubah ke versi berbeda, trimakasih

  7. Desi

    Selamat malam… Setelah saya mencoba keluarnya downloading… Di not turn off target… Begitu terus ga ada respon lain… Klo begitu gimana ya…? Terima kasih

    1. Itu sepertinya salah pencet tombol… yang ditekan seharusnya tombol power dan volume up.
      Keluarnya mode downloading itu karena menekan tombol power dan volume down…

  8. GAN ANE MAU TANYA NIH HP SAMSUNG ANE RESTAR MUI, PADAHAL,UDAH DI RISET 3 JARI HASILNYA MASIH
    RESTAR SENDIRI MOHON BANTUANYA GAN…..

  9. putra

    Tabnya saya tidal jadi dgn cara ini mas… mohon petunjuknya..

  10. mzani

    kan saya mau update ke os 5.0, nahkan butuh instal zip from sdcard, ko gak ada menu itu ya, tapi video yg di yt ada

    1. Coba pilih menu “apply update from external storage”, trus nanti pilih file zip yang ada di sd card.

  11. misi mau nanya.samsung tab saya tidak bisa masuk recovery.trus mau saya flash sendiri usbnya tidak bisa membaca data cma bisa mengecas sja(usb hp rusak).apa ada cara lain.untuk flashing sendiri? soalnya hpnya cma hidup.cma tidak bisa masuk cwm.trimakasih mhon pencerahannya!

Beri Respons