Problem Ejecting USB Mass Storage Device

Pengguna harddisk eksternal di lingkungan windows (vista, XP, 2000) biasanya sering menemui kesulitan ketika ingin melepas harddisk eksternal. Perintah Stop melalui safely remove hardware malah menghasilkan pesan Problem Ejecting USB Mass Storage Device, seperti tampak pada gambar dibawah :

 Error Problem Ejecting USB

Dari pesan yang muncul bila diartikan bahwa windows tidak dapat melakukan perintah stop terhadap harddisk dikarenakan masih ada proses (software) yang masih mengakses file yang terdapat pada harddisk eksternal. Yang jadi masalah anda yakin sudah menutup semua software yang mengakses file pada hardddisk eksternal, anda tentu bertanya-tanya kenapa tetap saja pesan kesalahan yang sama muncul. Jawabannya sederhana masih ada proses (software) yang mengakses file pada harddisk eksternal dan proses ini berjalan di mode background. Bisa memang proses tersebut benar-benar sedang mengakses file pada harddisk eksternal (biasanya software antivirus) atau bisa pula akibat proses yang tidak mengakhiri akses pada harddisk eksternal sekalipun sudah ditutup (paling sering explorer.exe).

Anda bisa saja mencoba menebak-nebak proses apa yang masih mengakses file pada harddisk eksternal dan mencoba mengakhirinya via task manager (menekan kombinasi alt+ctrl+del) lalu melakukan end task terhadap proses yang dicurigai, tetapi cara satu ini cukup merepotkan dan malah sering membingungkan proses apa yang harus di end task.

Saya menemukan cara mudah untuk menyelesaikan masalah ini di sebuah forum berbahasa inggris (lupa persisnya). Caranya dengan menggunakan sebuah utility sistem yang bernama Process Explorer buatan Mark Russinovich yang bisa anda download di sini. Setelah anda download ekstrak file zip tersebut ke dalam sebuah folder di harddisk internal anda (ingat drive internal bukan yang eksternal) ada baiknya anda meletakkan shotcut ke procexp.exe di desktop anda, lalu ketika anda menemui kesulitan ketika melepas harddisk eksternal silakan lakukan langkah-langkah berikut :

  1. Jalankan Process Explorer
  2. Klik Menu Find > Find Handle or DLL
  3. Pada kolom Handle or DLL substring ketikkan huruf drive eksternal anda diikuti tanda titik dua contoh G: lalu klik search
  4. Anda akan menemukan beberapa proses yang sedang mengakses drive eksternal anda, silakan diklik satu per satu dan ditutup (dengan mengklik kanan pada proses lalau pilih close handle)
  5. Bila semua proses yang ditemukan sudah ditutup silakan coba lagi lakukan stop via safely remove hardware mestinya sudah bisa dilakukan dengan sempurna.

Bila kurang jelas dalam menggunakan langkah 3 dan 4 silakan lihat gambar dibawah :

Process Explorer - interface


profile-avatar Vicong
Menulis apapun yang dianggap menarik.

Respons

Ada 1 respons untuk “Problem Ejecting USB Mass Storage Device”.

  1. ziku

    Wah thx bro infony sgt membantu.

Beri Respons