Pembelian Samsung Galaxy Tab 2 7.0″ Wifi Only (GT-P3110) dari Bhinneka.com

Awalnya saya tidak berniat untuk membeli sebuah gadget lain selain Samsung Galaxy Young saya yang memang masih berjalan baik. Tapi setelah menggunakan Samsung Galaxy Young ini yang spesifikasinya bisa dibilang pas-pasan, akhirnya saya memutuskan untuk membeli gadget tambahan yang bisa melengkapi kekurangan smartphone saya tersebut. Gadget tambahan ini memang akan saya fungsikan untuk menampung aplikasi-aplikasi penting yang tidak bisa muat dipasang di smartphone Galaxy Y saya. 😀 Sebelumnya saya sudah mencoba memaksimalkan smartphone Samsung Galaxy Young CDMA tersebut, tapi tetap saja tidak bisa.

Berhubung ini hanya untuk perangkat tambahan, saya kemudian browsing untuk mencari kira-kira gadget apa yang bisa memenuhi kebutuhan saya dengan harga yang pas. Sampai akhirnya tercetuslah suatu pemikiran yang membuat saya memutuskan untuk membeli perangkat Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Espresso 8 GB versi Wi-Fi only ini. Salah satu alasan memilih perangkat ini adalah harganya yang jauh lebih murah (hampir setengahnya) dibandingkan dengan yang versi 3G + Wi-Fi (bisa menggunakan kartu seluler). Saya pikir saya tidak akan memerlukan koneksi internet via kartu seluler karena bisa memanfaatkan koneksi internet dari perangkat modem Mi-Fi yang saya beli sebelumnya.

Karena saya agak ngebet ingin segera membeli gadget ini, saya sudah memutuskan tidak akan terlalu membandingkan harga di berbagai toko online supaya menghemat waktu. Saya pikir toh perbedaan harganya tidak akan terlalu jauh. Pembelian akhirnya saya lakukan dari Bhinneka.com, karena saya sudah pernah beberapa kali berbelanja di sana. Kebetulan di Bhinneka sedang ada promo Jak Deal 486 (dalam rangka merayakan Ulang Tahun Jakarta ke-486), maka saya manfaatkan untuk mendapatkan (sedikit) potongan harga.

Sebenarnya saya agak sedikit khawatir mengenai pembelian ini, karena saya baru pertama kali melakukan pembelian online barang elektronik dengan harga 7 digit (baca: lebih dari sejuta 😀 ). Bukan karena khawatir tertipu, karena saya tahu Bhinneka.com merupakan salah satu toko online yang sudah terpercaya. Kehawatiran saya justru pada hal pengiriman, saya khawatir barang pesanan saya bisa rusak karena terbentur, terbanting dll. Kalau hal ini terjadi, tentu akan sangat repot dan memakan waktu untuk mengurus refund ataupun klaim ganti rugi. Akan tetapi, saya berusaha menghilangkan kekhawatiran tersebut dan akhirnya berhasil meyakinkan diri saya sendiri untuk melakukan pembelian ini. Salah satu hal yang meyakinkan saya adalah di dalam paket pembelian yang dikirim dari Bhinneka biasanya dilengkapi dengan gelembung plastik berisi udara, yang bertujuan untuk menambah perlindungan terhadap barang saat pengiriman oleh pihak kurir. Hal ini tentu sangat berguna pada pembelian barang elektronik yang kita pesan karena memang barang jenis ini sangat rentan terhadap kerusakan akibat benturan.

Setelah melakukan pemesanan seperti biasa dan melakukan pembayaran dengan BCA Klikpay, akhirnya pesanan tiba di rumah dan paket saya terima dengan keadaan baik.

Paket pembelian Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Wifi-only dari Bhinneka.com

Paket pembelian Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Wifi-only dari Bhinneka.com

Paket pembelian Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Wifi-only dari Bhinneka.com

Lakbannya custom 😀

Tapi ada sedikit hal yang mengganggu ketika saya mulai membuka kemasan paket dari Bhinneka ini, yaitu lakban pada bagian atas kardus paket tidak menempel dengan baik. Lakban yang seharusnya merekatkan celah kedua bagian atas kardus tidak menempel dengan baik, dan terlihat agak menganga sehingga saya bisa menyelipkan tangan saya di bawahnya.

Paket pembelian Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Wifi-only dari Bhinneka.com

Lakban pada bagian atas paket kemasan.

Paket pembelian Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Wifi-only dari Bhinneka.com - lakban tidak menempel

Lakban tidak merekat dengan baik.

Paket pembelian Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Wifi-only dari Bhinneka.com - lakban tidak menempel

Lakban tidak menempel pada kardus. 🙁

Paket pembelian Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Wifi-only dari Bhinneka.com - lakban tidak menempel

Tangan saya bisa diselipkan di bawahnya.

Meskipun hal ini masalah sepele, tapi sudah seharusnya pihak Bhinneka lebih memperhatikan masalah pengemasan paket ini karena ini menyangkut keselamatan barang di dalamnya. Apalagi jenis barang tersebut adalah barang elektronik yang cenderung rentan terhadap benturan, air, debu dll, dan tentu saja kita tidak pernah tahu potensi resiko kerusakan yang timbul pada saat proses pengiriman meskipun dari masalah sekecil ini.

Kekhawatiran saya bertambah lagi ketika saya buka kardus paket tersebut, ternyata di dalamnya tidak dilengkapi dengan gelembung plastik berisi udara yang saya harapkan, seperti pada paket pemesanan sebelum-sebelumnya. Di dalam kardus paket hanya disertakan potongan kardus yang dilipat-lipat untuk mengganjal boks kemasan barang.

Paket pembelian Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Wifi-only dari Bhinneka.com - kardus dibuka tidak ada gelembung plastik pelindung

Boks kemasan barang hanya diganjal potongan kardus.

Paket pembelian Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Wifi-only dari Bhinneka.com - kardus dibuka tidak ada gelembung plastik pelindung

Di dalam kardus paket tidak disertai gelembung plastik berisi udara.

Untuk memastikan barang pesanan tidak mengalami benturan, saya harus mengecek boks kemasan Samsung Galaxy Tab 2 7.0 ini apakah ada penyok atau tanda kerusakan lainnya. Untungnya saya tidak menemukan tanda-tanda adanya benturan, setidaknya itu kesimpulan dari yang mata saya bisa lihat. Setelah boks kemasan perangkat ini saya buka, saya memeriksa keadaan fisik barang ini untuk kembali memastikan tidak ada tanda kerusakan. Dan memang tidak ada tanda benturan atau cacat lainnya, setelah saya nyalakan untuk pertama kalinya perangkat ini juga berjalan baik.

Box kemasan Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Wifi-only dari Bhinneka.com

Boks kemasan Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Wifi-only pembelian dari Bhinneka.com

Box kemasan Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Wifi-only dari Bhinneka.com

Tampak samping boks kemasan Samsung Galaxy Tab 2 7.0 dari Bhinneka.com, setidaknya tidak ada tanda-tanda mengalami benturan atau kerusakan lainnya.

Box kemasan Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Wifi-only dari Bhinneka.com

Boks kemasan dibuka.

Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Wifi-only dari Bhinneka.com

Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Espresso 8GB Wifi-only (GT-P3110)

Nah.. meskipun kekhawatiran saya tidak terbukti, tapi tetap saja hal-hal kecil pada kualitas pengemasan paket harus lebih diperhatikan oleh pihak Bhinneka.com maupun toko online lainnya karena hal ini menyangkut kepercayaan dari konsumen.

Selanjutnya bisa dilihat foto-foto proses pembukaan kemasan Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Wifi Only ini beserta detail kelengkapan di dalamnya.


Respons

Beri Respons