Mengubah Setelan Bahasa T-Sel Menu ke Bahasa Inggris (English) di Smartphone Android

Bagi pelanggan Telkomsel mungkin sudah tahu apa itu aplikasi T-Sel Menu. Salah satu fungsi dari aplikasi ini adalah untuk melakukan registrasi kartu prabayar seperti yang pernah saya tulis tutorialnya. Nah, kali ini saya akan membagikan cara untuk mengubah setelan bahasa T-Sel Menu ke Bahasa Inggris.

Mungkin bagi yang sudah sangat hafal dengan seluk beluk aplikasi ini tidak memerlukan tutorial sederhana semacam ini. Tetapi kita tahu bahwa tidak semua orang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang sama. Maka dari itu jika ada yang belum mengetahuinya, mudah-mudahan yang saya tulis ini bisa sedikit membantu.

Lalu pertanyaannya, mengapa harus mengubah setelan bahasanya menjadi Bahasa Inggris? Ini juga berdasarkan pertimbangan perbedaan kebiasaan dan pilihan masing-masing orang. Jujur, -untuk hal-hal yang berhubungan dengan teknologi- saya pribadi juga terkadang lebih terbiasa dengan menu berbahasa Inggris daripada menu dengan padanan kata berbahasa Indonesia. Tapi mungkin itu hanya kekurangan saya saja yang tidak cukup cepat update tentang padanan kata dalam Bahasa Indonesia.

Mengubah Setelan Bahasa T-Sel Menu ke Bahasa Inggris

Kali ini saya akan mengubah setelan bahasa T-Sel Menu ke Bahasa Inggris pada smartphone android. Saya menggunakan contoh dengan Samsung Galaxy A5 (A500F). Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi T-Sel Menu yang terdapat di daftar aplikasi pada smartphone.

    Mengubah setelan bahasa T-Sel Menu ke Bahasa Inggris (English) - Buka aplikasi T-Sel Menu.

    Buka aplikasi T-Sel Menu.

  2. Setelah aplikasi berhasil dijalankan, akan muncul menu utama pada aplikasi T-Sel Menu ini. Menu-menu tersebut biasanya adalah:
    – Registrasi Kartu
    – Pilih Bahasa
    – NSP 1212
    – Transfer Pulsa

    Mengubah setelan bahasa T-Sel Menu ke Bahasa Inggris (English) - Daftar menu di aplikasi T-Sel Menu.

    Daftar menu T-Sel Menu.

  3. Pilih menu “Pilih Bahasa“.

    Mengubah setelan bahasa T-Sel Menu ke Bahasa Inggris (English) - Pilih menu "Pilih Bahasa".

    Pilih menu “Pilih Bahasa“.

  4. Dan akan muncul pilihan bahasa untuk aplikasi T-Sel Menu ini.
    Biasanya akan ada 2 pilihan bahasa, yaitu:
    – Bahasa Indonesia
    – English

    Mengubah setelan bahasa T-Sel Menu ke Bahasa Inggris (English) - Daftar menu bahasa.

    Daftar bahasa.

  5. Pilih “English” untuk memilih bahasa Inggris.

    Mengubah setelan bahasa T-Sel Menu ke Bahasa Inggris (English) - Pilih menu "English".

    Pilih “English“.

  6. Seketika akan muncul kotak pop-up notifikasi yang menerangkan bahwa setelan bahasa sudah diubah ke bahasa Inggris dan kita harus me-restart handphone kita untuk mengaktifkan perubahan setelan bahasa tersebut.

    Mengubah setelan bahasa T-Sel Menu ke Bahasa Inggris (English) - Kotak pop-up notifikasi perubahan bahasa.

    Muncul kotak pop-up notifikasi perubahan bahasa.

  7. Klik tombol “OK” pada kotak pop-up notifikasi tersebut untuk menyelesaikan proses ini dan selanjutnya silahkan tutup aplikasi T-Sel tersebut.

    Mengubah setelan bahasa T-Sel Menu ke Bahasa Inggris (English) - Tekan tombol " OK" pada kotak pop-up notifikasi perubahan bahasa.

    Tekan tombol ” OK“.

  8. Jangan lupa untuk melakukan restart (mematikan dan menghidupkan ulang) handphone.

Nah, itu dia langkah singkat dan sederhana cara mengganti setelan bahasa T-Sel Menu ke Bahasa Inggris (English) di handphone android. Sangat mudah, kan? Kalau ada yang masih bingung, wah itu sih keterlaluan namanya. Heheheh… 😀

Satu catatan terakhir, sebenarnya tanpa me-restart handphone pun setelan bahasa aplikasi T-Sel Menu tersebut sudah langsung berubah ke bahasa Inggris. Bisa dilihat pada daftar menu utama yang sudah langsung berbahasa Inggris.

Mengubah setelan bahasa T-Sel Menu ke Bahasa Inggris (English) - Daftar menu di aplikasi T-Sel Menu yang telah berbahasa Inggris (English).

Daftar menu telah berbahasa Inggris.

Tetapi, kita belum tahu apakah proses me-restart handphone ini memang ada pengaruhnya atau tidak. Tentu saja kita yang awam tidak tahu proses teknis di dalamnya. Jadi, untuk lebih pasti memang sebaiknya dilakukan saja sesuai petunjuk tersebut untuk me-restart handphone setelah mengganti setelan bahasa.

Oke, kalau begitu sekian tutorial singkat ini. Seperti biasa, jangan sungkan untuk berkomentar di kolom respons jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin menyampaikan informasi lainnya. 🙂


Respons

Beri Respons