Mematikan Fungsi Pemeriksa Ejaan (Proofing) pada Microsoft Office 2010

Fungsi pengecek ejaan sudah lama tertanam di aplikasi Microsoft Office yang memiliki dukungan untuk berbagai bahasa. Saya teringat ketika menggunakan aplikasi Microsoft Word pertamakali yang saat itu merupakan bagian dari paket Microsoft Office 2000, fungsi pemeriksa ejaan ini sudah ada. Aktifnya fungsi tersebut dapat terlihat dari garis bergelombang berwarna merah dan hijau pada banyak kata bila mengetik dokumen dengan menggunakan bahasa Indonesia karena secara bawaan pilihan bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris (US).

Tampilan garis merah bergelombang pada Ms. Office 2010

 

Saya merasa sedikit terganggu bila melihat garis-garis bergelombang tersebut muncul pada berkas yang sedang diketik, untuk mayoritas pengguna lain di Indonesia sepertinya menerima saja hal tersebut sebagai kewajaran.

Sampai dengan Microsoft Office 2007 seingat saya pilihan untuk mematikan fungsi pemeriksa ejaan cukup mudah, bisa dengan memilih bahasa Indonesia atau cukup dengan memilih semua kata (dengan CTRL+A) dan matikan fungsi pemeriksa ejaan pada pilihan yang tersedia. Tetapi pada Microsoft Office 2010 saya menemui kesulitan untuk mengaktifkan pilihan bahasa Indonesia (membutuhkan pengunduhan paket bahasa Indonesia dan penyetelan lain), sementara dengan mematikan fungsi pemeriksa ejaan pada opsi yang tersedia di Microsoft Word hanya mematikan pemeriksa ejaan pada kata yang kita pilih apabila mengetik kata baru pemeriksa ejaan ini akan aktif lagi secara otomatis.

Demi mencari cara yang lebih mudah saya memasukkan beberapa kata kunci di mesin pencari Google, akhirnya terdampar ke situs pembuat aplikasi kecil bernama ToggleProof. Aplikasi ini sangat mudah sekali digunakan cukup dengan klik ganda akan mematikan fungsi pengecek ejaan pada Microsoft Office 2010, klik ganda lagi bila ingin mengaktifkan fungsi pengecek ejaan kembali.

Aplikasi ToggleProof untuk mematikan proofreading pada Ms Office 2010


profile-avatar Vicong
Menulis apapun yang dianggap menarik.

Respons

Beri Respons