Manipulasi Sederhana Arsip .pdf

Arsip jenis .pdf makin banyak digunakan karena memudahkan distribusi dokumen elektronik ke berbagai perangkat. Adobe selaku pembuat format ini mendistribusikan secara gratis perangkat lunak untuk membaca arsip .pdf yang kita kenal dengan nama Adobe Acrobat Reader. Tetapi perangkat lunak untuk melakukan penyuntingan tidak disediakan secara gratis oleh Adobe. Adobe Acrobat Pro dihargai cukup mahal karena memang ditargetkan untuk kalangan profesional yang membutuhkan banyak fitur tingkat lanjut dalam pembuatan atau pengolahan arsip .pdf.

Sementara kebutuhan manipulasi sederhana terbatas pada fungsi yang sering dibutuhkan seperti tindakan penggabungan (merge), pemisahan (extract) dan pemutaran (rotate) tentunya kita lebih baik mencari alternatif yang lebih murah. Berpaling ke versi bajakan Adobe Acrobat Pro bukanlah tindakan bijak dari berbagai aspek.

Untungnya seorang pengembang bernama Andrea Vacondio sudah lama merilis perangkat lunak untuk kebutuhan manipulasi sederhana arsip .pdf. Dulu saya mengenal perangkat lunak tersebut dengan nama pdfsam sepertinya saat ini Andrea mengganti namanya menjadi PDF Split and Merge, nama situsnya sendiri masih menggunakan nama pdfsam. PDF Split and Merge versi basic didistribusikan sebagai perangkat lunak gratis dan terbuka (open source) yang dapat diperoleh melalui situs pdfsam, saat ini versi stabil yang tersedia adalah PDF Split and Merge Basic 2.2.4

PDF Split and Merge dapat digunakan pada berbagai sistem operasi dikarenakan dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Java. Tetapi hal ini juga yang membuat PDF Split and Merge tidak serta merta dapat digunakan, kita harus mengunduh Java Runtime Environment (JRE) yang sesuai dengan sistem operasi yang kita gunakan. JRE dapat diperoleh melalui situs oracle, dimana saat tulisan ini dibuat versi yang tersedia adalah Java SE Runtime Environment 8u40.

Penggunaan PDF Split and Merge cukup mudah dan sederhana, pada intinya anda tinggal memilih jenis manipulasi yang akan dilakukan dan menambahkan arsip .pdf yang akan dimanipulasi melalui tombol add atau tarik (drag) ke dalam PDF Split and Merge. Selanjutnya tinggal menentukan arsip keluaran akan disimpan di mana melalui tombol browse. Manipulasi tertentu membutuhkan ketepatan urutan, pastikan urutan file sudah tepat sebelum eksekusi.

2015-03-13_153320

PDF Split and Merge basic 2.2.4 fungsi Merge


profile-avatar Vicong
Menulis apapun yang dianggap menarik.

Respons

Beri Respons