Klaim Garansi Hardware

Pernah mengalami kerusakan hardware komputer? nah disini akan sedikit dijelaskan misteri tentang klaim garansi (RMA) hardware di Indonesia.

Hal pertama yang paling penting adalah mengidentifikasi distributor hardware anda, pertama-tama kita dapat mengetahuinya dengan melihat di situs vendor hardware siapa distributor mereka di Indonesia (bisa satu distributor, bisa juga beberapa). Apabila merk lokal bisa jadi malah langsung mendapatkan alamat service center-nya di Indonesia.

Selain itu amat membantu dengan memperhatikan segel garansi hardware anda. Terdapat tiga jenis segel garansi pada suatu hardware yang beredar di Indonesia yaitu stiker toko, master dealer dan distributor. Yang terpenting adalah segel distributor, segel toko dan master dealer cacat/rusak tidak masalah anda masih tetap dapat mengklaim garansi (RMA) langsung ke distributornya.

  1. Syarat umum untuk melakukan klaim garansi (RMA) adalah tidak terdapat cacat fisik pada hardware anda (retak, terbakar, pecah, patah dan sejenisnya). Pada beberapa hardware dan distributor ada yang tetap memproses garansi sekalipun cacat fisik tetapi ini tidak umum ada yang mengenakan biaya tambahan, ada pula yang tetap gratis.
  2. Satu merk hardware bisa memiliki beberapa distributor di Indonesia, klaim ke distributor yang segelnya ada di hardware anda. Pihak distributor akan menolak hardware yang segelnya bukan segel mereka, walaupun mereka menjual merk yang sama. Pengecualian pada merk Apple, anda bisa melakukan klaim di distributor Apple mana saja asalkan memiliki kualifikasi Service Provider, bahkan ada perusahaan khusus yang hanya mengurusi klaim garansi Apple baca: tidak jualan yaitu QCD
  3. Segel distributor masih utuh dan tentunya masa garansi masih berlaku paling umum masa garansi adalah 1 tahun dihitung dari tanggal (bulan-tahun) pada segel, tetapi banyak juga hardware yang memiliki garansi lebih dari 1 tahun biasanya 2, 3 dan 5 tahun.
  4. Umumnya toko tidak akan mempermasalahkan bukti pembelian (kwitansi) mereka hanya cek segel garansi (toko, master dealer dan distributor)
  5. Klaim garansi bisa melalui toko tempat membeli, master dealer atau langsung ke distributor. Ada beberapa distributor yang mengharuskan klaim melalui toko tempat membeli, konsumen tidak diperkenankan klaim langsung tetapi tidak banyak yang punya ketentuan seperti ini.
  6. Hardware tertentu yang memiliki perwakilan resmi (perwakilan tidak sama dengan distributor) di Indonesia seperti laptop biasanya memiliki service center tersendiri silakan berurusan dengan service center pada kasus seperti ini, tentunya bila anda membeli hardware yang berasal dari distributor resmi pula.
  7. Beberapa distributor tidak menempelkan segel garansi, garansi dicek melalui serial number. Pada kasus seperti ini biasanya konsumen dapat mengecek sendiri melalui serial number via situs vendor hardware.
  8. Merk hardware tertentu bisa melakukan klaim garansi ke vendornya langsung, tidak harus melalui distributor silakan cek situs vendor hardware di bagian RMA apakah mencantumkan Indonesia. Biasanya kita akan menanggung ongkos kirim ke perwakilan vendor di luar negeri (umumnya Singapura, tetapi ada pula yang cukup ke ekspedisi tertentu di Cengkareng).
  9. Hardware yang memiliki adaptor biasanya memiliki masa garansi yang berbeda untuk adaptornya biasanya adaptor hanya memiliki masa garansi 1 bulan (alasannya karena kualitas listrik di Indonesia aduhai sekali), sementara aksesoris tambahan yang disertakan bersama hardware seperti konverter, kabel, CD dan sejenisnya umumnya tidak memiliki masa garansi.
  10. Lifetime Warranty, bukan berarti hardware anda bergaransi seumur hidup setiap vendor memiliki definisi yang berbeda tentang lifetime warranty (cek di situs vendor atau tanyakan ke distributor). Tetapi bisa dianggap umum vendor mengasumsikan lifetime disini sama dengan lifecycle produk. Saya pikir 5 tahun adalah maksimal (klaim garansi hardware yg sudah lewat 3 tahun usianya tabung kesabaran dan tebelin muka pas ketemu orang distributornya, tidak ada salahnya cek harga bekasnya siapa tahu ada yang menjual dengan harga murah, daripada repot).
  11. Pada kebanyakan hardware (kecuali laptop, PC Built Up, Server dkk) kerusakan di bawah satu tahun apalagi 6 bulan akan langsung ditukar dengan hardware baru. Tetapi bila lewat 1 tahun dan masih garansi, hardware rusak akan diteruskan ke service center vendor pembuatnya dan tergantung keputusan vendor akan mengganti baru, memperbaiki atau malah menggantinya dengan barang refurbished (bekas tapi dipoles biar terlihat seolah-olah baru), makanya klaim garansi hardware yang lewat 1 tahun seringkali cukup lama.
  12. Apabila produk yang diklaim garansi sudah lewat masa produksinya (tidak diproduksi lagi) dan tidak ada stok pengganti biasanya distributor akan menawarkan penggantian ke produk baru yang setara atau yang lebih tinggi. Apabila ke yang lebih tinggi biasanya distributor akan mengenakan biaya tambahan istilahnya biaya “upgrade”, satu keuntungan bila RMA langsung ke vendor hardware biaya upgrade ini tidak ada. Bila ada pilihan klaim langsung terserah anda pilih mana yang kiranya lebih menguntungkan dan lebih mudah.
  13. Berapa lama RMA selesai? ada banyak faktor yang mempengaruhi mulai dari hitungan menit sejak tiba di distributor selesai sampai dengan berbulan-bulan tidak ada kabar, jadi memang tidak bisa dipastikan dan kita yang mesti rajin menghubungi distributor menanyakan statusnya. Apabila tidak bisa ditunggu pastikan anda menerima tanda terima dan minta nomor telepon yang bisa dihubungi untuk menanyakan status. Rekor terlama saya sementara pernah klaim garansi hardisk Maxtor menunggu selama 6 bulan baru mendapatkan pengganti, itupun diganti merk Seagate karena Maxtor sudah terlanjur diakuisisi 😀
  14. Tidak mau repot? apabila masih ingat membelinya dimana silakan klaim melalui toko tempat membelinya, toko yang baik tentunya akan dengan senang hati membantu klaim garansi hardware anda yang bermasalah.

cat: perhatikan saya banyak sekali menggunakan kata umumnya, dikarenakan praktek di lapangan bisa saja berbeda dengan yang saya sebutkan

 

ketentuan garansi pada produk Biostar

Contoh ketentuan garansi pada produk merk Biostar (distributor: SME)

 

Tambahan

Berikut beberapa segel distributor hardware yang pernah saya temui:

 

segel Amtec

Amtec

segel astrindo

astrindo

segel atikom

atikom

segel bintangmas

bintangmas

segel Dimensi Tiga

Dimensi Tiga

segel International Computer

International Computer

segel megakom

megakom

segel Netcomp

Netcomp

segel pelangi

pelangi

segel prince compusoft

prince compusoft

segel sistech

sistech

segel Sohotech

Sohotech

segel terra

terra

segel verizone

verizone



profile-avatar Vicong
Menulis apapun yang dianggap menarik.

Respons

Ada 2 respons untuk “Klaim Garansi Hardware”.

  1. Sachaither

    gan… tambahin ulasan software, baik bajakan maupun freeware

  2. Alfin

    Kalo kecebur di air bisa di claim ga yah >>

    kecebur air itu kesalahan pengguna, garansi jadi tidak berlaku.

Beri Respons