Install CCleaner ke USB Flashdisk (CCleaner Portable)

CCleaner, aplikasi pembersih komputer yang sering saya gunakan ini juga menyediakan versi portabel untuk disimpan pada USB Drive (flashdisk). CCleaner Portable ini berguna jika kita ingin membersihkan jejak-jejak browsing pada web browser di komputer warnet atau komputer publik lainnya dengan cepat dan praktis tanpa harus men-download dan meng-install CCleaner standar di komputer tersebut. Contoh penggunaan lainnya misalnya jika kita ingin membersihkan komputer di kantor yang tidak diperbolehkan meng-install program.

Cukup dengan menggunakan USB flashdisk dengan kapasitas kecil saja sudah bisa menampung CCleaner versi portabel ini, karena ukuran aplikasi ini hanya sekitar beberapa megabytes. Jika perlu, bisa juga di-install ke dalam harddisk eksternal. Untuk tampilan dan fitur pembersihan tidak ada bedanya dengan versi standarnya. CCleaner versi portabel ini bisa juga sebagai alternatif jika CCleaner versi standar tidak bisa di-install di komputer (biasanya gagal install ini terjadi jika kita masuk ke Windows sebagai pengguna non-administrator).

Cara meng-install CCleaner Portable ke USB Flashdisk

  1. Download CCleaner versi portabel terbaru dari situs resminya (dalam format ZIP), berikut ini tautannya: CCleaner Portable.
  2. Di komputer*, unzip (extract) file ini ke dalam sebuah folder baru (nama foldernya bebas 😀 ).
  3. Salin (copy) folder ini ke dalam USB flashdisk, dan CCleaner versi portabel pun siap digunakan.

*Sangat disarankan untuk meng-unzip (extract) file ini ke dalam komputer terlebih dahulu, untuk menghindari kegagalan ekstrak. Saya sering melihat dan juga pernah mengalami, proses unzip (extract) langsung ke dalam USB flashdisk rentan mengalami kegagalan ekstrak atau file-file hasil ekstrak tidak lengkap (corrupt). Hal ini terutama sering terjadi pada USB flashdisk dengan kualitas rendah (baca: murahan 😀 ).

Untuk menjalankan CCleaner Portable ini, tinggal sambungkan USB flashdisk pada komputer yang akan dibersihkan, kemudian double-click file CCleaner.exe yang terdapat pada folder di USB flashdisk tadi dan lakukan proses pembersihan seperti biasa.

Tampilan CCleaner Portable yang dijalankan dari USB flashdisk

Tampilan CCleaner Portable yang dijalankan dari USB flashdisk, sama persis dengan versi standarnya.

Nah.. sekarang berarti kita sudah punya pembersih komputer praktis yang bisa dibawa kemana-mana. 🙂

CCleaner Portable di-install ke dalam USB flashdisk

CCleaner Portable dalam USB flashdisk.


Tautan Eksternal

Respons

Beri Respons