Instalasi Sistem Operasi Menggunakan Flashdisk

Ketika berkutat dengan instalasi linux beberapa tahun terakhir saya sudah hampir tidak pernah menggunakan media optik (CD/DVD), saya selalu menggunakan media flashdisk dengan alasan kepraktisan. Selama ini saya menggunakan Universal USB Installer untuk membuat flashdisk bootable dari file .iso linux, penggunaannya cukup mudah dan sederhana. Ditambah dengan mayoritas komputer saat ini sudah mendukung penuh kemampuan boot dari USB/flashdisk, semakin tidak ada alasan untuk melakukan boot dari media optik.

Cerita berbeda ketika harus melakukan instalasi sistem operasi Windows mau tidak mau harus berkutat kembali dengan media optik. Kesulitan yang sering terjadi adalah perangkat pembaca optik pada laptop atau komputer sudah rusak bahkan banyak laptop yang memang meniadakan alat pembaca media optik (CD/DVD ROM). Selama ini saya mengatasi masalah tersebut dengan pembaca media optik eksternal yang menggunakan jalur USB, merepotkan memang.

Dahulu saya pernah membaca tutorial memindahkan CD Windows XP ke media flashdisk tetapi karena terasa cukup rumit saya tidak melakukannya. Secara tidak sengaja beberapa hari lalu saya menemukan sebuah perangkat lunak bebas dan sumber terbuka untuk memindahkan file .iso ke flashdisk yang bernama Rufus. Pada situsnya disebutkan selain mendukung berbagai distribusi linux populer, Rufus juga mendukung sistem operasi Windows (Windows XP SP2+, Windows Vista, Windows 7, Windows 8,Windows 8.1 bahkan Windows 10). Saya jadi tertarik mencobanya, percobaan saya menggunakan DVD Windows 7 yang sudah dibuat menjadi file iso. Proses memindahkannya ke flashdisk menggunakan Rufus cukup sederhana, saya jabarkan sebagai berikut:

  1. Siapkan flashdisk yang tidak terdapat data penting (karena akan dilakukan proses format oleh Rufus), untuk kapasitas usahakan lebih besar dari file .iso  sistem operasi yang akan digunakan, sebagai patokan umum 8GB ke atas semestinya tidak ada masalah dengan sistem operasi terbaru yang ada (1 keping DVD yang umum/single layer berkapasitas 4,7GB);
  2. Saya menggunakan .iso Windows 7 yang sudah saya buat sebelumnya dari DVD Windows 7 silakan lakukan pencarian cara membuat file .iso di mesin pencari andalan;
  3. Ubah 2 parameter pada Rufus, File System menjadi NTFS dan Create a bootable disk using menjadi ISO image;
  4. Klik pada ikon media optik dan arahkan pada file .iso;
  5. Klik start hingga proses pembuatan selesai.

2015-05-18_103425

Ketika saya lakukan boot pada laptop (tentunya dengan memastikan pada BIOS/UEFI bahwa flashdisk/USB berada pada urutan boot pertama), berhasil masuk ke menu instalasi Windows seperti biasa.

Terimakasih banyak untuk Pete Batard yang telah mengembangkan Rufus dan menyediakannya secara cuma-cuma, perangkat lunak kecil yang luar biasa.

2015-05-18_100317

Selain sistem operasi, ada beberapa software yang juga mendukung fitur instalasi ke dalam USB flashdisk seperti salah satunya program pembersih komputer CCleaner.


profile-avatar Vicong
Menulis apapun yang dianggap menarik.

Respons

Beri Respons