Game Tersembunyi pada Google Chrome

Google Chrome offline

Tampilan Google Chrome ketika internet tidak tersambung.

Familier dengan tampilan di atas? Untuk pengguna Google Chrome (web browser buatan Google) yang pernah mengalami putus koneksi internet pasti sudah pernah melihat tampilan tersebut. Ya, tampilan dinosaurus itu memang ciri khas Google Chrome ketika kita mencoba mengakses suatu alamat situs web tetapi koneksi internet terputus atau tidak terhubung.

Tampilan offline dengan karakter Tyrannosaurus (T-Rex) ini sudah digunakan sejak Juli 2013 lalu menggantikan tampilan offline lama yaitu ikon ‘wajah sedih’. Jika tampilan offline pada Google Chrome yang digunakan saat ini masih menampilkan ikon ‘wajah sedih’, itu berarti sudah waktunya memperbarui dengan Chrome versi terbaru.

Karakter T-Rex ini ternyata bukan sembarangan ikon, karena ternyata dia juga adalah karakter yang bisa dimainkan dalam game tersembunyi pada Google Chrome. Fitur tersembunyi (easter egg) ini hanya tersedia pada Google Chrome terbaru versi 38.0.2125.122 ke atas.

Untuk mengaktifkan game tersembunyi pada Google Chrome tersebut caranya gampang, tinggal tekan tombol spasi ketika tampilan T-Rex tersebut muncul. Jika pada saat menekan tombol spasi, kursor masih berada pada kotak isian alamat web atau address bar (ditandai dengan kursor teks yang berkedap-kedip pada kotak tersebut) atau address bar masih menunjukan teks alamat yang terseleksi maka game ini tidak akan keluar. Jika hal ini terjadi, klik terlebih dahulu di mana saja pada bagian tempat tampilnya halaman website atau supaya lebih yakin klik saja pada karakter T-Rex-nya baru kemudian tekan tombol spasi.

Jika trik ini berhasil, maka si karakter T-Rex tersebut akan melompat, kemudian muncul tampilan daratan dan si T-Rex mulai berlari. Di depan akan bermunculan rintangan yang menghampiri berupa tanaman kaktus dengan berbagai ukuran, rintangan ini harus dihindari oleh si T-rex dengan cara melompatinya. Untuk melompat dapat dilakukan dengan menekan tombol spasi.

T-rex game mulai

Karakter T-Rex melompat dan permainan dimulai

Game Google Chrome

Kaktus-kaktus menghadang, dan si T-Rex harus melompatinya

Semakin lama, kecepatan berlari si T-Rex akan semakin cepat dan kaktus yang muncul pun akan lebih bervariasi kombinasinya. Nilai akan terus bertambah selama si T-Rex bisa bertahan melewati rintangan-rintangan tersebut, tantangannya adalah bertahan selama mungkin untuk mencetak nilai setinggi-tingginya.

Game Google Chrome - T-Rex melompati kaktus

T-Rex melompati sekumpulan kaktus besar

Apabila si T-Rex gagal melompati kaktus, permainan akan langsung berakhir alias game over. Tapi jika masih penasaran, permainan bisa diulang kembali dan nilai tertinggi akan disimpan selama tab browser tidak ditutup atau di-refresh. Game ini mengingatkan pada game Flappy Bird yang fenomenal itu, bikin kesal sekaligus bikin penasaran 😀 .

google-chrome-permainan-trex-game-over

Game Over

Jika internet sedang mati lumayan lah setidaknya ada hiburan selama menunggu koneksi internet terhubung lagi. Tapi kalau koneksi internet normal tapi ingin mencoba game ini, tinggal matikan saja koneksi internetnya dan ketik sembarang alamat pada Google Chrome untuk menampilkan halaman offline.

Sayangnya, nilai tertinggi yang didapat tidak bisa dipamerkan selain dengan mengambil screenshot (lihat aplikasi penangkap layar gratis pada Windows). Berikut ini screenshot nilai tertinggi yang saya dapat 😀 . Bisa dapat score lebih tinggi dari saya? 😛

google-chrome-game-trex-hi-score


Respons

Beri Respons