CCleaner, Aplikasi Pembersih Komputer

Terkadang sistem operasi pada komputer kita jika sudah lama digunakan akan menyimpan banyak file-file sampah akibat dari aktivitas sistem operasi itu sendiri atau software lainnya selama masa penggunaan. File-file yang sudah tidak digunakan ini jika sudah menumpuk sangat banyak, selain memenuhi hardisk juga bisa mempengaruhi performa komputer (membuat komputer terasa lebih lambat). Alasan teknis mengapa hal ini terjadi memang untuk orang awam seperti saya agak sulit untuk dimengerti – mungkin Mbah Vicong bisa menjelaskan lebih lanjut 😀 -, tapi dari pengalaman menggunakan komputer memang masalah ini pernah saya alami. Mungkin beberapa dari pembaca juga pernah mengalami komputer menjadi lambat/berat setelah digunakan beberapa lama.

Beberapa bulan yang lalu hal ini juga terjadi kembali, aplikasi grafis yang biasa saya gunakan terasa sangat berat padahal waktu itu baru menjalankan aplikasi Google Chrome (dengan beberapa tab), Windows Explorer dan sebuah aplikasi code editor. Sebelum-sebelumnya komputer saya lancar-lancar saja meskipun saya menjalankan lebih banyak aplikasi dari yang saya sebutkan di atas. Dan akhirnya saya jadi teringat kalau komputer saya sudah terlalu lama tidak ‘dibersihkan’.

Dahulu kala 😛 , saya pernah diberitahu oleh Vicong beberapa cara manual untuk mengoptimalkan komputer Windows XP yang saya gunakan supaya lebih ringan/cepat. Diantaranya adalah menghapus file-file di dalam folder “Prefetch” dan “Temp”, melakukan Disk Cleanup dan menghapus cache pada browser. Tapi cara-cara manual ini meskipun efektif tapi agak merepotkan karena harus melakukan satu persatu proses pembersihan yang lokasi dan menunya berbeda-beda. Belum lagi resiko kesalahan meng-klik menu yang salah atau kesalahan menghapus file pada folder yang salah, membuat proses manual ini semakin ‘menakutkan’.

Untungnya semua proses tersebut bisa dilakukan menggunakan aplikasi pembersih komputer yang kalau tidak salah juga rekomendasi dari Vicong. Aplikasi tersebut yang sampai saat ini selalu saya gunakan yaitu CCleaner, sebuah software pengoptimal PC buatan Piriform Ltd. Selain berfungsi untuk membersihkan file-file sampah pada komputer, aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur lainnya yang sangat berguna untuk mengoptimalkan kinerja komputer. Praktisnya aplikasi ini, untuk membersihkan komputer cukup dengan sekali klik saja dan semua file sampah yang sudah tidak terpakai akan terhapus secara otomatis. Aplikasi ini sangat ringan dan ukuran file-nya juga relatif kecil, sehingga tidak ada kebutuhan hardware minimal untuk menjalankannya.

Tampilan CCleaner sedang  menganalisa file-file sampah

Tampilan CCleaner sedang menganalisa file-file sampah.

Tampilan CCleaner - selesai menganalisa komputer

Tampilan CCleaner selesai menganalisa komputer.

CCleaner ini juga menyediakan fitur notifikasi, sehingga jika file-file sampah di dalam komputer kita sudah menumpuk terlalu banyak maka akan muncul notifikasi yang mengingatkan kita untuk segera melakukan pembersihan. Notifikasi ini akan muncul di sudut kanan desktop dengan warna dominan merah yang mencolok. Bagi saya pribadi, fitur ini sangat berguna agar selalu diingatkan untuk melakukan pembersihan secara rutin sehingga performa komputer kita tetap terjaga.

Notifikasi CCleaner pada Windows

Notifikasi CCleaner pada desktop Windows XP.

CCleaner ini juga sangat fleksibel karena bisa digunakan di berbagai macam sistem operasi, diantaranya:

  • Windows XP (Home, Professional, Media Center, Tablet Edition, 64-bit).
  • Windows Vista (semua edisi, termasuk edisi 64-bit).
  • Windows 7 (semua edisi, termasuk edisi 64-bit).
  • Windows 8 (semua edisi, termasuk edisi 64-bit).
  • Windows 2003 and 2008 Server (semua edisi).
  • Mac 10.6 sampai 10.9 edisi 64-bit.

Bahkan untuk sistem operasi yang lebih jadul juga CCleaner ini bisa digunakan, seperti Windows NT4, Windows ME, Windows 98 (direkomendasikan menggunakan CCleaner versi 2) dan Windows 2000 (direkomendasikan menggunakan CCleaner versi 3). Selain itu juga tersedia CCleaner untuk Android dan Kindle Fire, cuma sayangnya CCleaner ini tidak tersedia untuk sistem operasi Linux. CCleaner ini juga tersedia versi portabel untuk dijalankan via USB drive. Untuk link download dari situs resminya tersedia di bagian akhir artikel ini.

Selingan : CCleaner ini seharusnya dibaca si kliner, tapi saya sering menyebutnya dengan si si kliner. Mungkin gara-gara ada 2 huruf C kapital jadi saya bacanya salah, tapi ternyata orang lain juga banyak yang salah sebut seperti saya. 😆 Lihat diskusinya di forum resmi Piriform

CCleaner yang saya gunakan adalah yang versi gratis. Tapi meskipun gratis tapi fitur utama untuk membersihkan dan mengoptimalkan komputer menurut saya sudah cukup memenuhi kebutuhan pengguna pribadi. Menurut keterangan di forum resmi Piriform, fungsi pembersihan komputer pada versi gratis ini tidak ada perbedaan sama sekali dengan versi berbayar. Permasalahan komputer lambat yang saya tadi ceritakan, langsung beres dengan proses pembersihan yang hanya beberapa menit saja. Dan benar saja, program-program yang dijalankan tadi pun tidak lagi terasa berat.

Fitur-fitur CCleaner

Fitur utama yang sudah tercakup dalam CCleaner versi gratis, yaitu:

  1. Mengoptimalkan kinerja komputer, dengan membersihkan file-file yang sudah tidak terpakai di dalam komputer, membersihkan registry Windows dari entry yang sudah tidak digunakan, fitur untuk uninstall program, fitur untuk menonaktifkan program yang otomatis berjalan pada waktu awal komputer dinyalakan, fitur penganalisa isi hardisk, fitur pencari file yang terduplikat, fitur untuk menghapus System Restore points, dan fitur Drive Wiper.
  2. Perlindungan privasi, yang maksudnya adalah membersihkan semua jejak (history) dan file sementara yang tersimpan pada aplikasi web browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dsb.

Semua fitur-fitur di atas bisa diatur pada masing-masing bagian menunya. Jadi, poin-poin mana yang akan dihapus dan yang tidak akan dihapus bisa kita atur sesuai kebutuhan kita.

Untuk versi CCleaner Profesional, selain mempunyai semua fitur yang ada pada versi gratis di atas juga ada tambahan fitur lainnya (referensi dari situs web resmi dan forum resmi Piriform):

  1. Complete Cleaning, yaitu fitur pembersihan menyeluruh untuk komputer dengan user account yang banyak dengan hanya melakukan satu kali klik.
  2. Real-time Monitoring, yaitu pembersihan berkala pada sistem dan/atau browser, atau pembersihan browser saat browser ditutup.
  3. Automatic Updating, aplikasi akan otomatis diperbarui jika ada versi terbaru.
  4. Customer support, prioritas bantuan dari pembuatnya (Piriform) jika ada masalah dalam penggunaan aplikasi.
  5. Mendapat prioritas utama dalam notifikasi pembaruan versi terbaru dan penawaran-penawaran khusus.

Sedangkan untuk CCleaner Profesional Plus sebenarnya semua fiturnya sama saja dengan versi CCleaner Profesional, tetapi ditambah bonus 3 aplikasi versi Pro lainnya sebagai berikut:

  1. Defraggler Professional, aplikasi untuk Defragmentation.
  2. Recuva Professional, aplikasi untuk File Recovery (mengembalikan file yang terhapus).
  3. Speccy Professional, aplikasi untuk Hardware Analysis (melihat detail spesifikasi hardware pada komputer).

Proses instalasinya cukup sekali saja menggunakan CCleaner Profesional Plus, dan ketiga aplikasi ini akan otomatis ter-install pada lokasi terpisah untuk masing-masing aplikasi.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat perbedaan fitur pada tabel berikut ini:

CCleaner versi gratisCCleaner ProfesionalCCleaner Profesional Plus
Membersihkan komputer √ √
Perlindungan privasi √
Prioritas bantuan  √ √
Pembersihan untuk banyak  akun pengguna  √√ 
Pembersihan berkala  √√ 
Pembaruan otomatis  √ √
+ Defraggler Professional   √
+ Recuva Professional   √
+ Speccy Professional   √

Untuk yang versi berbayar (CCleaner Profesional dan CCleaner Profesional Plus) belum pernah saya coba, mungkin nanti akan saya coba dan ulas di kesempatan lain (kalau saya sudah sanggup beli 😀 ).

Download CCleaner

Berikut ini tautan-tautan dari situs web resmi Piriform untuk men-download CCleaner:

Silakan dicoba! 🙂


Respons

Ada 2 respons untuk “CCleaner, Aplikasi Pembersih Komputer”.

  1. Sanjaya

    bagi orang awam seperti saya, ccleaner ini sangat mudah untuk membersihkan komputer dengan cepat dan gampang, tinggal klak klik aja…
    saya pakai untuk bersihkan semua komputer di kantor saya.. manntap

    1. Good…
      Saya juga pengguna setia aplikasi ini. 🙂

Beri Respons