Border dan Watermark Otomatis pada GIMP

Cara instalasi plugin untuk border dan watermark otomatis pada GIMP

Masjid Agung Palembang

Monas 2009

Baik border dengan teks maupun tanda air (watermark) seperti contoh di atas,dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi GIMP dan Plug-in Line Border 2 saya akan membahas instalasinya pada Windows (XP maupun 7) yang sedikit rumit saat pemasangan Line Border 2.

GIMP yang saya gunakan adalah GIMP versi 2.8.2 dan Line Border versi 2.4.2 selain itu dibutuhkan komponen tambahan Glade

Langkah pertama tentunya unduh GIMP untuk windows dari link diatas dan instalasikan,tak ada yang sulit pada langkah ini sama seperti umumnya instalasi aplikasi lain pada windows.

Langkah kedua adalah unduh Line Border yang berupa file zip,ekstrak file zip tersebut pada lokasi C:Users<nama pengguna>.gimp-2.8plug-ins contoh pada PC yang saya gunakan:

 

lokasi penempatan Line border 2

lokasi penempatan Line border 2

 

Langkah ketiga adalah unduh Glade yang berupa file zip ekstrak file tersebut. Pada folder bin terdapat 2 file yaitu libglade-2.0-0.dll dan libxml2.dll pindahkan kedua file ini ke lokasi C:Program FilesGIMP 2bin.

lokasi penempatan library dll glade

lokasi penempatan library dll glade

 

Langkah keempat buka kembali hasil ekstraksi Glade terdapat folder python yang di dalamnya terdapat subfolder lib apabila dibuka ada sub folder lagi bernama site-packages,pindahkan folder site-packages ini (berikut isinya) ke lokasi C:Program FilesGIMP 2PythonLib.

lokasi penempatan library python glade

lokasi penempatan library python glade

 

Selesai,sekarang jalankan GIMP maka Line Border 2 dapat diakses melalui menu Filters > Decor > Borders > Line Border 2

 

menu akses Line border 2 pada GIMP

menu akses Line border 2 pada GIMP

 

Line border 2 GUI Settings

Line border 2 GUI Settings


profile-avatar Vicong
Menulis apapun yang dianggap menarik.

Respons

Beri Respons