@begobet Bot Gila!

Begobet - Bot Gila

Begobet adalah sebuah bot di twitter buatan anak bangsa *halah*, tepatnya anak bangsa yang sudah tidak tahu mau ngapain lagi di internet demikian disebutkan pada bagian fakta tentang begobet di situs pengembangnya sendiri.

Menurut pengembangnya sendiri bot yang menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) ini, dikembangkan dengan konsep Natural Language Processing yang bila dijelaskan secara singkat bahwa komputer berusaha memahami masukan dalam bahasa manusia. Dengan bahasa pengembangnya “dengan input minimal sistem komputer dapat memahami maksudnya secara maksimal”. Ditulis dalam bahasa pemrogramman Phyton diramu dengan sedikit bumbu Perl dan Bash jadilah kegilaan begobet. Sementara secara perangkat keras begobet dipersenjatai secara serius dengan paling tidak 5 server berprocessor Intel Xeon, RAM 8GB dan saya sendiri penasaran berapa kapasitas penyimpanan yang sudah digunakan.

Secara bahasa begobet sudah menguasai pembicaraan kacau dalam berbagai bahasa antara lain Indonesia, Inggris, Jawa, Sunda dan entah apalagi karena begobet belajar dari pengguna yang melakukan interaksi dengannya, jadi tak usah risau bila begobet kadang berbicara dalam bahasa alay atau bahasa yang lebih aneh lagi.

 

Dialog Bahasa Sunda - Begobet

dialog dalam bahasa Sunda

Untuk bahasa Indonesia begobet tidak terlalu bisa diharapkan patuh kaidah EYD tentunya, sama saja seperti kita dalam menggunakan bahasa Indonesia sehari-hari. Seorang pakar Ivan Lanin pernah mencoba mengajarkan kaidah bahasa Indonesia baik dan benar kepada begobet sepertinya ia menyerah. Tapi walau bagaimanapun salahsatu referensi yang digunakan oleh begobet adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi III, seperti diakui pengembangnya begobet turut mengemban misi mempopulerkan kata-kata baku bahasa Indonesia.

 

kualitas bahasa Indonesia - Begobet

kualitas bahasa Indonesia

Ivan Lanin - Begobet

Dialog Ivan Lanin - Begobet

Ivan Lanin melawan begobet

Begobet terkadang seperti memiliki emosi sendiri yang pas dengan percakapan dan ini membuat interaksi semakin tak terduga.

Ekspresi Ngambek - Begobet

ngambek

 

Ekspresi Sesal - Begobet

penyesalan

Begobet sudah memiliki banyak saudara (jangan tanya jenis kelaminnya apa), seingat saya dari gambar di bawah begobet adalah yang termuda.

Sodaranya - Begobet

kiri ke kanan: @skrembelbot, @scramblebot, @tebakanlagu, @tukangdvd, @soundloop dan @begobet

Salahsatu pengembang begobet dan saudara-saudaranya adalah Jim Geovedi, seperti disebutkan pada situs pribadinya ia merintis Ardwort Intillegence bersama beberapa temannya. Soal siapa beberapa temannya itu coba saja tanyakan ke begobet siapa tahu dijawab dengan jujur.

Jim Geovedi - salah satu pengembang Begobet

Papa begobet

Ironisnya pernah terjadi insiden peretasan situs geovedi.com dan sukses di-deface yang berdasarkan hasil investigasi mendalam kongsingepet pelaku peretasan adalah begobet, laporan investigasinya dapat dibaca di sini.

Situs pengembang begobet: ardwort

 


profile-avatar Vicong
Menulis apapun yang dianggap menarik.

Respons

Beri Respons