Aplikasi Penangkap Layar Gratis pada Windows

Seringkali kita butuh mengambil tampilan pada layar dan menyimpannya dalam bentuk file gambar/foto, cara paling sederhana tentunya dengan menggunakan tombol Print Screen pada keyboard dan paste pada aplikasi yang bisa mengolah gambar seperti MS Paint yang tersedia sebagai bawaan sejak sistem operasi windows 1.0. Tetapi hasil tangkapan layar menggunakan cara tersebut hanya bisa satu hasil yaitu tampilan layar keseluruhan, bila membutuhkan tampilan lain seperti jendela aktif saja atau hanya bagian tertentu membutuhkan proses pengolahan lebih lanjut pada aplikasi pengolah gambar/foto.

Hal ini tampaknya sudah lama disadari Microsoft selaku pengembang sistem operasi Windows sehingga sejak Windows Vista, Microsoft menambahkan aplikasi khusus yang bernama Snipping Tool sebagai bawaan. Sebenarnya Snipping Tool sudah lebih dulu dirilis oleh Microsoft pada tahun 2002 sebagai bagian PowerToy untuk Microsoft Tablet PC, entah kenapa baru pada 2006 (tahun Windows Vista dirilis) Snipping Tool dijadikan aplikasi bawaan.

Snipping Tool dapat menangkap tampilan layar dengan lebih baik dibandingkan tombol Print Screen pada keyboard. Untuk menggunakannya cukup ketikkan sni pada pencarian di start menu windows.

Aplikasi penangkap layar Snipping Tool

Tersedia beberapa pilihan pada snipping tool yaitu:

  • Free-form snip menangkap layar dengan menggoreskan pena digital, hasil tangkapan akan serupa dengan area yang yang dibentuk oleh hasil goresan pena.
  • Rectangular snip pilihan ini menggunakan bentuk persegi yang dapat diatur ukurannya sesuai kebutuhan.
  • Window snip digunakan untuk mengambil tampilan satu jendela penuh aplikasi.
  • Full-screen snip hasilnya berupa satu tampilan penuh layar utama seperti halnya hasil tangkapan tombol Print Screen.

Aplikasi penangkap layar Snipping Tool - pilihan

Di internet dengan menggunakan mesin pencari ada sangat banyak aplikasi gratis maupun berbayar yang dapat berfungsi untuk kebutuhan menangkap tampilan layar, aplikasi-aplikasi ini umumnya memiliki fitur lebih banyak dibandingkan Snipping Tool. Beberapa aplikasi penangkap layar berbayar (yang tersedia untuk dicoba dengan lisensi shareware) memang lebih nyaman dan ringkas untuk digunakan. Saya pernah mencoba di antaranya Snag-It dan FSCapture, selain ringan tersedia berbagai fitur tambahan yang sangat berguna bahkan dapat pula menyimpan tangkapan layar dalam bentuk video.

Untuk aplikasi penangkap layar versi gratis saya sudah mencoba cukup banyak tetapi dibandingkan Snag-It dan FSCapture sulit menandingi kenyamanan 2 aplikasi berbayar tadi ketika digunakan. Nyaman memang relatif berbeda untuk setiap pengguna, menurut saya paling tidak aplikasi tersebut harus ringan, dukungan terhadap kombinasi tombol keyboard (shortcut) untuk berbagai mode tangkapan layar juga sangat penting. Fitur tambahan lain yang sangat berguna adalah editor gambar yang mudah dipahami, tidaklah perlu banyak pilihan fungsi pada mode editor gambar cukup fungsi yang sering dibutuhkan mayoritas pengguna agar tampilan editor sederhana dan ramah bagi pengguna, seperti editor gambar pada FSCapture yang menggunakan tampilan menu mirip MS Paint lama.

Aplikasi penangkap layar FSCapture 5.3 - Editor gambar dengan fitur Highlight

Editor gambar pada FSCapture 5.3 dengan fitur Highlight

Setelah mencoba beberapa aplikasi penangkap layar gratis ternyata ada satu aplikasi menarik yang bernama PicPick, relatif memenuhi kriteria nyaman yang saya sebutkan di atas tadi.

Aplikasi penangkap layar PicPick - Pilihan jenis tangkapan layar

Pilihan jenis tangkapan layar pada PicPick

Aplikasi penangkap layar PicPick - tampilan mirip MS Paint versi Vista

Editor gambar pada PicPick dengan tampilan mirip MS Paint versi Vista

Seiring dukungan multimedia komputer yang makin baik kebutuhan untuk menangkap tampilan layar yang bergerak juga muncul sehingga dibutuhkan aplikasi penangkap tampilan layar yang dapat menyimpan hasilnya dalam bentuk video. Untuk kebutuhan ini dan menangkap tampilan layar games (terutama game 3D yang membutuhkan dukungan khusus) tersedia aplikasi gratis yang bernama OBS (Open Broadcaster Software). Saya belum sempat mencoba OBS, tetapi pernah menggunakan versi demo aplikasi berbayar yang bernama Fraps untuk menangkap tampilan layar game 3D menjadi video dengan hasil cukup memuaskan.

Khusus bagi para pengguna kartu grafis Nvidia Geforce minimal GTX 650 tersedia aplikasi Shadowplay untuk merekam game yang sedang dimainkan. Shadowplay mampu menghasilkan file video dengan resolusi hingga 1920×1080 dan 60 fps, menggunakan encoding H.264.

Tautan:
wikipedia – Microsoft Paint
wikipedia – Snipping Tool
stackexchange – screen capture that can record 3D games


profile-avatar Vicong
Menulis apapun yang dianggap menarik.

Respons

Beri Respons