3 Alasan Menggunakan Google Chrome

Saya menggunakan peramban (browser) Google Chrome sebagai peramban default menggantikan Mozilla Firefox yang sudah saya gunakan bertahun-tahun untuk menjelajahi internet. Awalnya saya hanya ingin mencoba-coba peramban web keluaran Google ini sebagai alternatif untuk Mozilla Firefox, tapi akhirnya sampai sekarang malah menjadi peramban utama saya. Meskipun saya masih menggunakan juga Mozilla Firefox (Opera dan Safari juga) sebagai pendukung untuk pekerjaan saya men-develop website, tapi ada beberapa alasan saya menyukai Chrome dibanding peramban web lainnya.

Ini dia 3 alasan saya menggunakan Google Chrome:

  1. Google Chrome lebih ringan

    Dari awal penggunaannya, salah satu alasan utama saya menggunakan Google Chrome adalah karena lebih ringan dibandingkan dengan peramban web lainnya. Entah karena performanya memang cepat atau karena faktor teknis lainnya saya kurang mengerti, yang jelas dari awal membuka Chrome atau bahkan membuka 20 sampai 30-an tab (terutama ketika saya sedang membutuhkan banyak bacaan referensi teknis terkait WordPress) jarang terjadi masalah yang berarti. Berbeda dengan Firefox yang saya gunakan untuk membuka beberapa tab saja sudah terasa berat (lag), padahal saya gunakan di komputer yang sama (Update : Firefox versi terbaru performanya sudah lebih baik 🙂 ).

    Kesimpulan ini merupakan pengalaman pribadi saya sendiri, yang mungkin saja bisa berbeda dengan yang terjadi pada masing-masing pengguna. Salah satu contoh kasus yang bertolak-belakang dengan pengalaman saya bisa dibaca disini.

  2. Sinkronisasi dengan account Google (Gmail)

    Alasan utama lainnya adalah kemudahan untuk sinkronisasi. Perlu diketahui, fitur sinkronisasi ini berguna jika kita ingin mengakses bookmark, tab, setting, history atau extension yang sudah tersimpan di Google Chrome pada perangkat atau komputer yang berbeda. Contohnya : bookmark yang telah kita simpan pada Chrome di komputer rumah, dapat kita akses di Chrome pada komputer kantor atau smartphone/tablet kita.

    Pada peramban web lainnya seperti Firefox dan Opera juga terdapat fitur sinkronisasi ini, hanya kita perlu mendaftar terlebih dahulu agar mendapatkan account untuk proses sinkronisasi. Dulu, untuk mengakses bookmark yang sudah disimpan pada Firefox, saya sering harus mengekspor dan mengimpor kembali bookmark jika ingin menggunakannya pada komputer lain karena saya terlalu malas untuk mendaftarkan account di Firefox 😀 . Karena Chrome ini adalah produk Google, maka kita bisa melakukan proses sinkronisasi dengan menggunakan account Google (Gmail) yang sudah kita punya tanpa harus membuat account lain-lain.

    Google Chrome - Setelan sinkronisasi

    Google Chrome – Halaman setelan sinkronisasi

  3. Kemudahan Alih bahasa (translate)

    Saya sering menemukan link artikel referensi yang saya perlukan dimuat pada situs web berbahasa selain Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Dengan menggunakan Google Chrome, fitur translate dipermudah karena Google mempunyai layanan alih bahasa sendiri yaitu Google Translate. Untuk menerjemahkan suatu halaman web yang sedang dibuka bisa dengan klik kanan dan pilih menu “Terjemahkan ke Bahasa Indonesia” atau “Translate to English” (tergantung setelan bahasa yang dipilih pada Chrome). Alternatif cara lainnya adalah dengan mengklik ikon “translate” yang terletak di ujung kanan address bar (bersebelahan dengan ikon bookmark).

    Google Chrome - ikon "Translate"

    Ikon “Translate” di ujung kanan address bar Google Chrome

    Chrome klik kanan Translate

    Menu Translate pada menu klik kanan di Google Chrome.

Selain itu, ada 1 hal lagi selain 3 alasan di atas, yaitu Google Chrome ini memiliki sebuah permainan atau game tersembunyi yang bisa dimainkan ketika tidak terkoneksi ke internet. Jadi jika koneksi internet kita sedang mati, untuk sementara kita bisa memainkan permainan ini selama menunggu koneksi internet menyala kembali. Yaa lumayan menghibur lah, daripada bengong. Hehehe… 😀 Meskipun bukan menjadi alasan utama, tapi hal ini menurut saya adalah hal yang unik bila dibandingkan dengan browser lainnya.

Nah, itu dia alasan saya menggunakan Google Chrome sebagai peramban web yang utama. Nah sekarang, apa peramban web pilihan anda?


Respons

Beri Respons